Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 18 June 2020

Nasi Sala, Menu Sarapan Khas Pariaman

Kota pariaman  termasuk kedalam salah satu wilayah pesisir dengan beragam jenis ikan yang melimpah seperti tuna, kepiting, udang dan sebagainya, maka tak heran banyak menu khas pariaman ini berbahan dasar ikan laut. selain dengan sate padang khas pariaman ada juga beragam jenis nasi khas pariaman salah satunya adalah nasi sala.

Foto : Indonesiakaya.com

Nasi sala adalah nasi bungkus kepal atau orang setempat menamainya dengan Nasi Sek yang disajikan dengan sala, sala ini terbuat dari sejenis ikan kembung atau masyarakat setempat menyebutnya dengan ikan gembulo yang melimpah di pariaman.

Dalam pembuatan sala ini pertama ikan gembulo ini dibersihkan kemudian digoreng yang sebelumnya dilapisi dengan adonan tepung. Adonan tepung ini terbuat dari tepung beras dengan beragam tambahan bumbu seperti bawang putih, lengkuas, cabe giling dan daun kunyit. setelah ikan diselimuti dengan adonan kemudian ikan digoreng sampai warna kuning keemasan. 

Nasi sala ini berupa sajian 'sala' berupa ikan goreng gembulo yang sudah di goreng dengan adonan yang sudah berkulit kemudian disajikan dengan nasi sek tadi, kemudian biasanya untuk menambahkan kenikmatan nasi sala ini biasanya disajikan bersama dengan Samabalado Tanak dan sambalado merah. Nasi ini merupakan salah satu menu sarapan khas Pariaman selain dari sate padang dan juga lontong sayur

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages