Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 26 May 2020

Nasi SEK Khas Pariaman Yang Maknyusss.

Jika anda mengunjungi Pariaman Sumatera barat, maka tak lengkap rasanya jika tidak mencoba kulinernya,ada banya kuliner khas pariaman dari mulai cemilan seperti sala lauk makanan berat seperti gulai kepala ikan, selain itu ada jenis nasi khas pariaman namanya Nasi SEK. 

Foto : Pelangiholiday.com

Ketika anda pertama kali mendengar kata nasi Sek mungkin yang kepikiran dan berfantasi liar, tapi tenang sek disini bukan menggunakan huruf "X" melainkan huruf "K". Nasi sek ini kepanjangan dari "Seratus Kenyang" ini merujuk pada awal mula adanya nasi sek ini yang dihargai dengan seratus rupiah,tapi sekarang sudah berubah mengikuti perkembangan zaman. pada mulanya nasi sek ini berupa nasi yag dibungkus dengan daun pisang, gulai jengkol, sambal lado dan sayur singkong.

Nasi Sek ini berupa bungkusan nasi kecil menggunakan daun pisang berbentuk segitiga ada juga yang segiempat atau segilima, dalam satu porsi biasanya terdiri dari 5 bungkus nasi Sek ini tak lupa ada lauknya yang beragam tentunya masih lauk khas pariaman seperti gulai kepala ikan, gulai jengkol, sayur daun singkong bahkan cemilan seperti sala lauk pun hadir sebagai peneman nasi sek. 

Penjual nasi Sek ini banyak bertebaran di sekitar pantai Gondariah salah satu pantai yang cukup terkenal di Pariaman dan biasanya diadakan berbagai kegiatan atau tradisi di pantai tersebut seperti adanya pesta kabuik dan sebagainya. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages