Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 8 December 2019

Kamumu, Tanaman Ajaib yang Bisa Buat Gulai Padang Tambah Enak.

Kamumu adalah tumbuhan sejenis talas atau keladi yang tumbuh subur di daerah sumatera barat, atau orang bisa menyebutnya dengan sebutan talas padang.




Sudah menjadi rahasia umum talas padang ini  bisa di masak dan biasa dibuat untuk campuran gulai ayam, ikan, telur dan udang khas padang yang bisa membuat gulai tersebut tambah enak. Tidak semua bagian dari talas bisa diolah dan digunakan untuk bahan makanan tetapi hanya bagian batang pohon atau Pelapah Talas padang atau kamumu aja yang bisa digunakan untuk campuran gulai. 


Dengan dicampurkannya bahan kamumu atau talas padang kedalam masakan gulai bisa membuat cerita masakan gulai menjadi semakin enak. Cara ngolahnya juga gampang ambil pohon atau batang kamumu lalu potong dan biarkan dulu sebentar untuk menghilangkan getahnya sampai agak layu.
Untuk pendatang baru atau orang yang berwisata ke Padang nyari pohon kamumu agak susah- susah gampang karena ada berbagai jenis pohon yang mirip dengan kamumu dan bisa membuat anda gatal kalau terkena getahnya apalagi kalau anda sampai mengolahnya sampai menjadi masakan.



Tapi jangan khawatir sekarang ini banyak orang yang menjual kamumu atau talas padang ini di pasar tradisional ini dengan harga yang relatif murah sekitar Rp 5.000,- ( lima ribu rupiah ) perikatnya yang kira kira berisi 5 atau 6 batang kemumu yang sudah dipotong-potong. 

Pada awalnya saya tidak tahu dan merasa heran kenapa ada orang yang menjual pelapah talas di pasar tradisional, tetapi setelah saya bertanya sama pedagangnya dan masyarakat setempat tentang banyaknya kegunaan kamumu itu untuk menambah cita rasa gulai padang maka tak heran mengapa banyak orang mencarinya dan banyak orang yang menjualnya di pasar Tradisional.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages