Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 8 December 2019

Pedagang jengkol di Ranah Minang dan daerah lainnya.

Hayooo... siapa yang gak suka Jengkol. Hampir setiap orang menyukainya termasuk saya sendiri hehe. Meskipun aroma jengkol memiliki bau khas tapi tidak sedikit orang menyukainya. Tumbuhan dikotil dan bisa tumbuh menjadi sangat besar dan biasanya berbuah sepanjang tahun di daerah yang beriklim tropis.



Banyak orang yang menjual jengkol ini dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang tentunya lamak bana baik dipasar tradisional maupun pasar modern ada Jengkol yang dijajakan untuk dijual.



Di Ranah Minang sendiri Jengkol bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti Jengkol balado,  goreng jengkol khas minang, gulai kalio, sambalado tanak Jengkol, karupuk Jengkol dan lainnya. 


Di pasar Tradisional di Padang ini banyak orang yang menjual jengkol tapi beda dengan yang berada di jawa atau daerah lainnnya. Di Padang penjual jengkol biasanya dijual sama cangkang Jengkolnya dan pretelin satu –satu dari kuli jariangnya. Berbeda sama yang ada di jawa, Kalau di Jawa penjual jengkol biasanya menjual jengkol yang udah di kupas dan tidak ada kulitnya dan sudah berwarna karena kalau tinggal biji jengkol paling lama bertahan dua hari hingga akhirnya berubah warna menjadi merah meskipun jengkolnya masih muda sekalipun dan gak sepanjang tahun ada terus yang menjual jengkol karena Jengkol di Jawa biasanya jengkolnya berbuah musiman.


Hal ini berbeda sama yang ada di Ranah Minang. Biasanya jengkolnya berbuah sepanjang tahun dan ada terus pedagang jengkol tiap hari di pasar-pasar tradisional atau pasar modern. Cara menjualnya juga cukup unik mereka menjualnya dengan cangkang  jengkolnya dan dijualnya tidak ditimbang melainkan dionggok-onggok atau di itung dari jumlahnya, misalkan untuk 10 Buah jengkol di Jual dengan Harga Rp. 3000,- (Tiga Ribu Rupiah). Karena mereka menjual dengan cangkangnya tentunya kualitas jengkolnya juga lebih bagus dibandingkan yang di Jawa atau daerah lainnya dan bisa lebih tahan lama.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages