Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 10 December 2019

Karupuak jengkol oleh oleh khas minang yang wajib anda coba!!

Kalau sudah bicara tentang jengkol pasti yang teringat hanya bau nya saja. Padahal buah dari tumbuhan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan.

Tiap daerah di Indonesia punya makanan atau olahan masakan tersendiri yang menggunakan bahan utama jengkol ini. Misalnya di daerah sunda ada semur jengkol, dan begitu juga olahan jengkol di ranah minang ini, seperti. Rendang jengkol. Jengkol balado, dan masih banyak lagi olahan lainnya yang menggunakan bahan dasar jengkol ini.


Selain dibuat untuk bahan dasar masakan ternyata diranah minang ini jengkol bisa diolah menjadi kerupuk jengkol atau bahasa minangnya karupuak jengkol.

Cara buatnya juga cukup mudah. Pertama cari jengkol yang sudah tua, kalau jengkol muda hasilnya kurang memuaskan. Kemudian rebus sampai matang ditandai dengan jengkolnya yang udah mulai empuk, kemudian ditiraskan. Setelah ditiraskan jengkol kemudian di geprek satu persatu diatas plastik dengan batu lado atau alat penggeprek lainnya.

Baca juga : rendang jengkol padang yang maknyuus

Untuk memastikan hasil geperekan tidak maka tambahkan minyak goreng saat menggepreknya. Lakukan dengan hati-hati saat menggepreknya karena kalau terlalu keras pasti hancur jengkolnya. Lakukan samapai selesai, kemudian jemur sekaligus diatas plastiknya sampai kering. Kalau sudah kering lepaskan dari plastiknya. Lalu di goreng. Rasanya Makyuss.

Tapi tidak khawatir kalau hasilnya ga bagus kalau membuat sendiri. Di ranah minang ini banyak orang menjualnya di asar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi bagi anda pecinta jengkol anda wajib mencoba makanan yang satu ini.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages