Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 10 December 2019

"Biguak" masih sering ditemukan dipasar tradisional minangkabau

Biguak atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan bligo atau sejenis tumbuhan rambat dan termasuk kedalam golongan sayuran. Buah ini sebenarnya ada di berbagai daerah Indonesia termasuk didaerah Jawa dan mungkin tempat lainnya tapi keberadaan nya sangat jarang ditemukan dan termasuk jenis sayuran yang tidak familiar. 


Saya sendiri baru mengetahui buah ini ketika sudah di Padang dan mengunjungi ke pasar tradisional dan melihat buah "biguak" tersebut dan mencoba membelinya karena penasaran akan rasanya. 


Setelah saya mencobanya sendiri rasanya seger, hampir mirip seperti buah timun.  


Masyarakat minang punya kenyakinan bahwa buah bigu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk panas dalam dan menjaga dayan tubuh dan bisa untuk mengobati luka supaya cepat sembuh. Dan benar saja kenyakinan itu ada benarnya kandungan Vitamin C dalam sayuran ini sangat tinggi dan juga ada kandungan lainnya seperti selenium , zinc dan juga kolagen. 


Di masyarakat minang sendiri buah bigu ini hanya di makan bagian isi dalamnya dan dicampur sama gula merah. Tidak cara olah lain. Padahal didaerah lain bisa diolah berbagai makanan atau minuman seperti di buat sup atau jus. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages