Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 24 July 2020

Mengenal Tradisi Manampuang Di Jorong Sitingkai-Palupuah Agam Ketika Hari Raya Idul Adha

Di Sumatera Barat khususnya Jorong Sitingkai - Palupuah Kabupaten Agam ada tradisi Unik yang biasa diadakan tiap tahun pada Hari Raya Idul Adha, yang disebut dengan Tradisi Manampuang yang merupakan tradisi yang sudah turun temurun dan masih dijaga kelestariannya hingga saat ini. 

Sumber : Pasbana.com

Tradisi ini merupakan tradisi pembagaian daging hewan Qurban kepada seluruh anggota masyarakat dengan cara berjejer dan berbaris rapi dengan membawa ember, baskom dan lain sebagainya. Tradisi ini dimulai ketika sudah selesai shalat Idul Fitri dan pemotongan hewan Qurban Hampir selesai.

Tradisi ini sebagai wujud silaturahmi antar warga setempat selain itu dalam sistem pembagian daging hewan qurban ini jarang warga yang protes misalkan kebagian sedikit daging qurbannya dan lain-lain karena mereka yakin semua orang kebagian dan dapat daging secara rata.

Adapun hewan Qurban yang dipotong setiap tahunnya ini berupa sapi atau domba yang berasal dari Warga setempat yang berqurban selain itu berasal dari Warga yang lagi Merantau yang berqurbannya di kampung halamannya bukan di perantauan. 

Untuk menjaga tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang dan untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Adha acara tradisi ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya dan warga selalu menanti kehadiran tradisi ini setiap tahunnya. 

Sumber : 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages