Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 18 July 2020

Mengenal Tari Tak Oyai Dari Kampung Aie Duku Nagari Painan Timur Pesisir Selatan

Sumatera Barat terkenal akan beragam tradisi dan budaya dan juga keseniannya salah satunya adalah kabupaten Pesisir Selatan disini banyak kesenian yang beragam salah satunya adalah Tarian, di kabupaten ini banyak tarian yang cukup populer salah satunya adalah Tari Tak Oyai. 

Foto Ilustrasi : Wego.co.id

Tari Tak Oyai merupakan salah satu Tarian Tradisional yang diturunkan secara turun temurun ini berasal dari Kampung Aie Duku Kenagarian Painan Timur Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan yang dalam prakteknya semakin termarjinalkan. 

Sejarah dari terbentuk Tari Oyai ini tidak terlepas dari Kebiasaan Petani Kampung Aie Dukuh pada masa lalu adalah anggota masyarakat membiasakan diri dengan Berpencak juga bersenandung dan  Bakaba (berkisah tentang perjalan hidup & sejarah), Kolaborasi dari keduanya memunculkan Imajinasi untuk bergerak atau membuat Pamenan (Hiburan)  untuk menghibur diri dalam bekerja ataupun untuk menyambut kegembiraan atas hasil panen, serta untuk memulai membuka areal persawahan. Karena itu secara bersama-sama masyarakat Aie Duku menyusun struktur susunan gerakan dan senandung tersebut menjadi tarian yang disebut dengan Tari Tak Oyai yang bermakna "Tiada kesusahan atau Keletihan, ataupun tiada kemalasan, yang penting bersemangat". 

Para Penari Tari Tak Oyai harus berjenis kelamin laki-laki dan harus berjumlah Genap yang melambang arti keseimbangan Dunia dan Akhirat, dan jika yang melakukan tari Tak Oyai adalah perempuan dianggap Menyalahi aturan adat, dalam pementasan Tari Tak Oyai Pertama-tama para penari membentuk lingkaran mengelilingi gundukan Padi (dalam penampilanya bisa diganti dengan alat musik Adok ) ditengahnya , Tumpukan padi di tengah sebagai makna simbolis mensyukuri hasil Panen yang banyak.  

 Gerakan tari Tak Oyai merupakan gerakan Tari yang bersumber dari Gerak Mancak atau Pencak, seluruh gerakan Tari Tak Oyai Merupakan gerakan yang lahir dari Inspirasi Masyarakat petani dalam konteks pekerjaan di sawah. adapun Macam gerakan yang terdapat dalam tari Tak Oyai ada lima yaitu  Gerak Tak Oyai, Tali Aluih, Pacah, Siamang Bagapaian dan Tupai Bagaluik

Pakaian yang dipakai dalam pementasan tari Tak Oyai bisa dibilang sangat sederhana hanya menggunakan pakaian pencak silat dengan baju dan celana yang berwarna hitam. Adapun musik dari pertunjukan Tari Tak Oyai ini berasala dari Internal yang artinya penari bertindak sekaligus sebagai pendendang. setiap gerak demi gerak harus mengikuti dendang atau lagu, lagu atau dendang tersebut dilantunkan langsung oleh masing-masing penari, Keunikan tari ini juga terletak pada musik pengiringnya, oleh karena itu setiap penari Tak Oyai dituntut untuk bisa menari dan berdendang atau bernyanyi. 

Sumber : Arita, Makalah Guru MTSn Salido Pesisir Selatan Tentang Tari Tak Oyai

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages