Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 14 July 2020

Mengenal Tari Panen Tarian Unik Dari Ranah Minang

Sumatera Barat terkenal dengan ragam budaya dan tradisi selain itu beragam kesenian berupa alat musik bahkan tarian juga sangat beragam salah satunya adalah Tari Panen. Tari Panen merupakan wujud rasa Syukur setelah panen padi. 
Foto : Youtube

Jika saat ini tari Panen berfungsi sebagai tari Pertunjukan tapi dalam sejarahnya tarian ini biasanya dilakukan ketika menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada dewi padi. Pelaksanaan Tari Panen ini Pada Zaman dahulu dilakukan pada malam hari dengan mengarak seorang gadis dara yang melambangkan seorang dewi dan arak-arakan berhenti disuatu tempat yang luas (Lapangan).

Tarian ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat khususnya petani. tarian ini sering ditampilkan sebagai tari pembukaan acara setelah itu baru ditarikan secara berkelompok. 



karena termasuk kedalam tari yang menyenangkan maka pakaian yang dikenakan oleh penari berwarna terang contonya warna kuning, merah. Biasanya penarinya menggunakan baju kurung dan sarung atau songket, kemudian memakai Tengkuluk sebagai penutup Kepalanya dan ditambah pula gelang, kalung sebagai pemanis Tampilan. 

Gerakan Tari Panen ini sangat mirip dengan gerakan petani yang sedang mengolah sawah seperti mencangkul, membajak, Manggarap sawah sampai memanen padi. biasanya penari Panen ini membawa padi yang sudah dipanen sebagi perlengkapan tari, kadang ada juga yang membawa Tampi. 

Sumber : https://min.wikipedia.org/wiki/Tari_Panen & Sumber lain. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages