Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 1 June 2020

Tradisi Ziarah Rumah Gadang di Nagari Sikapuh, Dhamasraya Saat Lebaran

Hari raya Idul Fitri adalah perayaan besar pada umat Islam di Dunia termasuk Indonesia, ada beragam tradisi yang dilakukan salah satunya di Provinsi Sumatera Barat, bahkan di Sumatera Barat ini tiap nagari mempunyai tradisi masing-masing pada saat hari raya Idul Fitri seperti di Nagari Sikapuh, Dhamasraya yang melakukan tradisi rumah Gadang tiap tahunnya.

Foto : Gosumbar.com

Tradisi ini dilakukan oleh enam suku yang berada di Nagari Sikapuh yaitu Suku malaya, suku Patapang Ateh, Suku Patapang Bawuah, Suku Tigo Nini, Suku Piliang dan Suku Mandahiliang.

Tradisi ini diawali dengan para bundo kanduang atau para Ibu-ibu membawa samba atau makanan ketempat makan kemudian melakukan bajamba atau makan bersama dengan menu andalan khas Ranah Minang seperti Rendang, Gulai ayam dan hidangan lebaran lainnya.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan ke acara inti yaitu mengunjungi rumah gadang, kemudian pada acara inti ini disampaikan proses perkembangan nagari atau suku yang sampaikan oleh pimpinan tertinggi suku.

Tradisi ini merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian tradisi besar tahunan seperti acara takbiran dan halal bihalal.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages