Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 31 May 2020

Mengenal Enam Jenis Senjata Tradisional Sumatera Barat

Indonesia terkenal akan tradisi dan budayanya yang beragam dari ujung barat Indonesia sampai ujung Timur Indonesia memupunyai adat, bahasa, budaya dan bahkan senjata tradisional pun masing-masing provinsi mempunyai senjata tradisional salah satunya provinsi Sumatera Barat.

Sumatera Barat sendiri memiliki setidaknya enam jenis senjata tradisional yang sudah diketahui dengan beragam fungsi dan kegunaanya. masyarakat Minangkabau termasuk tradisi yang gigih dalam meempertahankan adat budayanya termasuk dalam senjata tradisional yang diturukan dari generasi ke generasi, berikut adalah enam jenis senjata tradisional yang masih ada :

1. Kerambit

Kerambit adalah senjata tradisional berupa pisau genggam kecil yang melengkung dan sudah mendunia, bahkan di Amerika Serikat sudah di produksi masal dan dijadikan senjata Waji US Marshal.

Foto : Intronesia.com

Penyebaran Kerambit ini karena banyaknya orang merantau ke berbagai belahan penjuru dunia, Senjata ini termasuk senjata yang sangat berbahaya, karena bisa digunakan menyayat organ dalam musuh secara cepat dan tidak terdeteksi.

2. Karih

Karih adalah senjata tradisional  berbentuk keris pada suku jawa namun bedanya bentuk karih ini tidak melengkuk-lengkuk seperti keris yang ada di jawa akan tetapi jika dimasukan kedalam sarung bentuknya mirip keris, pegangannya melengkung dan ujungnya menyempit mirip keris.

Foto :Curugsewu.com

karih ini biasanya digunakan sebagai perlengkapan atau aksesoris yang digunakan oleh kaum laki-laki yang dipasang didepan badan. umumnya dipakai oleh penghulu dalam acara malewa gala atau pengukuhan gelar. selain itu digunakan dalam pernikahan yang dipakai oleh marapulai dan juga acara adat kedaerahan.

3. Kalewang

Kalewang adalah senjata tradisional khas Sumatera Barat berbentuk golok bersisi satu, senjata ini memiliki mata lurus namun sebagian juga ada yang bermata lengkung dengan ukuran umumnya sepanjang pedang.

Foto : Sejarah-negara.com

Kalewang ini menjadi senjata utama pada perang padri yang bergejolak di Sumatera Barat pada abad ke 19, selain untuk senjata kalewang juga biasa digunakan untuk alat pertanian. Bentuknya yang unik seperti ular naga pada peganganya kemudian pada sarungnya dibuat bergaris-garis.

4. Ruduih

Ruduih adalah senjata tradisional khas Minangkabau yang menyerupai golok, pada zaman dahulu senjata ini dipakai ketika perang Manggopoh (1908).

Foto : asyraafahmadi.com

Ruduih ini memiliki bentuk mirip dengan kalewang dengan  memiliki satu bilah tajam, bedanya bentuk ruduih ini sedikit cembung kedalam, hal lain juga sarungnya yang mirip dengan golok biasa

5. Piarik

Piarik adalah senjata tajam khas Minangkabau berupa tombak dengan memiliki 3 mata tajamnya, senjata ini sering digunakan untuk berburu hewan yang berukuran besar.

Foto : Ringkaskata.com

Sampai saat ini piarik masih di jaga oleh masyarakat minangkabau, sehingga piarik menjadi salah satu warisan budaya nusantara

6. Sumpitan

Sumpitan adalah senjata tradisional minangkabau yang digunakan untuk berburu maupun perang terbuka, kelebihan senjata ini adalah mempunyai akurasi dan daya tembak mencapai 200 meter.

Foto : Indonesiakaya.com

Bentuk sumpitan ini berupa tabung yang biasanya terbuat dari bambu yang memungkinkan panah kecil dapat melesat jauh kesasaran.

Itulah beberapa senjata tradisional khas Minangkabau yang masih di Jaga dan dilestarikan hingga kini dan menjadi salah satu warisan budaya Indonesia.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages