Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 25 June 2020

Sendratari Adok Dari Nagari paninggahan Kabupaten Solok

Provinsi Sumatera Barat yang berada di pesisir Sumatera bagian barat ini mempunyai beragam kesenian seperti tarian, drama dan lain sebagainya bahkan setiap nagari ini di Sumatera Barat ini kadang mempunyai kesenian tersendiri yang masih di jaga dan dilestarikan di Nagari masing-masing salah satunya di Nagari Paninggahan Kabupaten Solok yaitu Sendratari Adok. 

Foto : Bujangkatapel.wordpress.com

Kata Sendratari Adok dibagi menjadi dua kata yaitu sendratari dan Adok, Sendratari berarti suatu bentuk tarian yang mengkonsentrasikan pada suasana tertentu mempunyai alur cerita yang jelas dan sistematis, sedangkan adok adalah nama sejenis gendang yang berukuran besar bermuka satu yang disebut gendang Adok.

Jadi Sendratari Adok adalah sejenis tarian yang menggunakan gendang adok yang gerakannya bermacam-macam sesuai dengan alur ceritanya. Adapun cerita dalam tarian ini berupa perebutan seorang putri oleh dua orang raja yang berbeda karakter satu raja yang bijaksana dan satu raja yang serakah.

Dalam pertunjukan ini sendratari ini biasanya dimainkan oleh 3 Orang laki-laki dua orang berpakaian sebagai pendekar silat yang memakai baju dan celana hitam sedangkan satu orang laki didandanin pakaian adat bundo kanduang yaitu berupa baju kurung dan tak lupa memakai tengkuluk atau penutup kepala perempuan khas Minangkabau. 



Dalam pertunjukan Sendratari ini terdiri dari 5 tunggak yang dimana masing-masing di iringi oleh gendang adok yang mempunyai irama berbeda-beda, tunggak pertama beirama pado-pado irama selanjutnya irama bebas antara adau-adau dindin-dindin, dendang-dendang dan buai-buai untuk tariannya menyesuaikan iramanya masing-masing . Adapun gerakan dari Sendratari ini mempunyai nama salah satunya barabah Tabang duo, Sunduang aia, titi batang, labah mangirok, Alang mangirai bulu dan lain sebagainya. 

Sendratari adok ini biasa dimainkan ketika ada Upacara adat seperti baralek, upacara batagak panghulu dan lain sebagainya.

Sumber :
Diolah dari berbagai sumber. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages