Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 21 June 2020

Sambal Cangkuak Khas Padang Panjang yang Pedasnya Nendang

Ranah minang terkenal akan beragam jenis masakan yang mengandung cabai yang tentu saja bercitarasa pedas, selain masakan yang pedas ada juga beragam jenis sambal khas ranah minang mulai dari sambal lado hijau, dan lain-lain. 

 Foto : Pasbana.com

Bosan dengan sambal lado hijau atau sambal lado merahnya ada nih salah satu rekomendasi sambal khas Padang Panjang namanya sambal Cangkuak. Bagi orang yang suka dengan makanan pedas sambal ini salah satu sambal yang wajib anda coba jika mengunjungi kota Padang panjang. 

Proses pembuatan sambal cangkuak ini berbeda dengan sambal lado khas padang lainnya karena menggunakan air tajin (air rebusan beras saat menanak nasi).  

Bagi yang penasaran dengan cara membuat sambal cangkuak ini dengan campuran air tajn, brikut adalah resepnya sepert dilansir oleh pasbana.com berikut ini.
 
Bahan-bahanya:
  • Cabai giling 
  • Bawang merah,bawang putih secukupnya, diiris 
  • Tomat diiris 
  • Daun kunyit 
  • Air tajin.

Cara membuat :

  1. Memasak beras. Lebihkan air, agar Anda bisa mendapatkan air tajin yang cukup setidaknya gunakan 500 ml air. Setelah itu, masukan air tajin dalam mangkuk tahan panas seperti dari bahan stainless.  
  2. Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam air tajin, aduk.
  3. Masukkan kembali dalam periuk, tempat Anda memasak nasi. Pastikan, api dalam ukuran kecil dan tunggu hingga menjadi nasi yang sempurna.
Untuk membuat tajin bisa menggunakan rice cooker, yang penting takar air lebih banyak agar air tajin bisa dihasilkan, kemudian lakukan seperti tahapan membuat sambalado cangkuak dengan periuk. 

Catatan :

Bila  suka terkadang sambal cangkuak menggunakan daun jeruk, asam kandis, sesuai selera. Ada juga yang menambahkan teri medan, kerupuk jangek (kerupuk kulit), kentang.

Bila menginginkan rasa yang lebih gurih, seluruh bahan ditumis sebentar dengan sedikit minyak kelapa, baru kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk air tajin untuk kemudian dilanjutkan prosesnya dalam rice cooker atau periuk.
Sumber :
https://www.pasbana.com/2017/11/samba-lado-cangkuak-jadi-viral-ini.html

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages