Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 3 June 2020

Nikmatnya Rendang Runtiah Khas Payakumbuh Sumatera Barat

Rendang bisa dikatakan sebagai rajanya kuliner dari Sumatera barat, hampir di setiap momen atau tempat atau ada juga yang menyebut Sumatera barat sebagai kota Rendang, hal itu memang benar adanya. selama ini kita hanya mengenal rendang adalah hanya olahan dari daging sapi  di masakan menggunakan banyak santan dan memutuhkan waktu tak sebentar untuk memasaknya, tapi ternyata dari daerah asalnya yaitu ada berbagai varian sesuai dari daerah asalnya seperti provinsi, kota atau nagari, salah satu yang cukup unik dari payakumbuh yaitu rendang runtiah.

Foto : indonesiakaya.com

Rendang runtiah atau ada juga yang menyebut rendang suir ini terbuat dari daging sapi yang disuir-suir, jadi pertama-tama daging sapi yang sapi direbus dulu sampai agak matang atau bisa disuir kemudian di suir-suir kecil lalu dimasak dengan berbagai macam bumbu.

Sebenarnya tidak ada perbedaan besar antara rendang yang biasa dengan rendang suir ini, hanya pada rendang suir ini menggunakan santan kelapa yang lebih banyak yaitu setiap 1 kg daging suiran sapi digunakan sekitar 20 butir kelapa, ditambah dengan cabe merah yang sedikit lebih banyak dan juga bumbu lainnya yaitu jahe, lengkuas, serai dan lainnya dengan ukuran yang sudah distandarkan.

Dalam proses pembuatan Rendang Runtiah ini memakan waktu yang lumayan lama sampai masakan benar-benar kering dan krispi, oleh karena Rendang Runtih sering dijadikan oleh-oleh, rasanya rendang yang krispi tentu mempunyai keunikan tersendiri dan cocok dijadikan sebagai cemilan bagi keluarga anda.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages