Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 5 June 2020

Nasi Kabaka Kuliner Khas Padang Panjang

Kita Pasti sudah mengenal dengan namanya nasi padang, masakan yang kaya akan rempah dan berbagai masakan yang menggugah selara dan hadir hampir diberbagai jalan protokol di seluruh Indonesia bahkan dunia. 

 Foto : Instagram

Tetapi jika anda mengunjungi daerah asalnya akan ditemukan berbagai jenis masakan dan nasi yang spesifik salah satunya di Kota Padang Panjang ada yang disebut Nasi Kabata. 

Nasi Kabata adalah nasi untuk bekal perjalanan Niniak Mamak orang padang Panjang pada Zaman dahulu yang berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang didalamnya terdapat isian lauk berupa rendang,telur, ayam, ikan dendeng dan lain sebagainya. 

Meskipun sama-sama dibungkus dengan daun pisang Nasi Sek khas pariaman lauknya dipisah diluar jadi yang dibungkus cuma nasinya aja. 

Jika menggunakan beras yang berkualitas bagus nasi kabata ini bisa bertahan dalam bungkusan daun pisang selama 8 sampai dengan 10 jam tanpa basi. nasi Kabata ini sekarang lagi di gencarkan oleh pemerintah setempat sebagai menu andalan khas kota Padang panjang yang ditawarkan kepada turis lokal maupun turis mancanegara.

Jika anda mengunjungi kota padang Panjang sumatera barat anda akan menemukan banyak penjual Nasi kabata ini terutama di tempat- tempat wisata dengan harga Rp 12.000 s/d Rp. 17.000 Perbungkus.

 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages