Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 5 June 2020

Mengenal Sipak Rago Salah satu Permainan Tradisional Minangkabau

Selain dari Kuliner dan Budayanya yang beragam, Di Minangkabau ternyata masih ada yang lain salah satunya adalah beragam jenis permainan tradisional baik yang dilakukan oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa, sayangnya untuk permainan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak minangkabau kini sudah memudar dan berganti ke permainan berbasis teknologi seperti gadget ataupun game online. 

 Foto :padangmedia.com

Tapi ada satu permainan tradisional khas ranah minang yang masih di mainkan oleh para remaja ataupun orang dewasa khususnya remaja laki-laki namanya sipak rago. sekilas permainan ini mirip dengan sepak takraw yang suka dimainkan dalam olimpiade atau Asian Games yang sama-sama menggunakan kaki dan bolanya terbuat dari anyaman rotan.

Tapi ada sedikit perbedaan antara keduanya, perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah penggunaan net, jumlah pemain dan bentuk lapangan. untuk permainan sipak rago ini tidak menggunakan net, jumlah pemain berjumlah lima sampai dengan sepuluh orang dengan bentuk lapangan atau arena pertandingan berbentuk melingkar.

 
 Foto: Bola sipak rago/budaya.kemdikbud.go.id

Tidak ada aturan khusus dalam permainan sipak rago ini, karena bukan permainan yang dipertandingkan, aturan permainannya sangat sederhana yaitu permainan bola dengan kaki dan teknik-teknik tertentu sehingga bola berpindah dari pemain satu ke pemain yang lainnya.

Pada zaman dahulu permainan sipak rago ini sering dimainkan di kampung-kampung pada sore hari untuk mengisi waktu luang dan sebagai sarana hiburan, saat ini sipak rago masih dipermainkan di pinggiran kota padang sebagai olahraga dan hiburan. tapi meskipun sekarang ini sudah mulai ditinggalkan. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages