Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 14 June 2020

Mengenal Silek Lanyah Permainan Anak Nagari Padang Panjang

Silek lanyah adalah seni beladiri dari Minangkabau tepatnya di Kubu Kadang, Kelurahan Ekor Lubuk Kota Padang Panjang yang diciptakan dan dikembangkan oleh anak nagari setempat pada tahun 2015, silek lanyah bukan merupakan salah satu aliran silat yang ada di Minangkabau seperti aliran silat Kumango, lintau dan lain sebagainya. 

Foto : Travel.dream.co.id

Gerakan pada silek lanyah ini merupakan gabungan gerakan dari semua aliran silat yang ada di Minangkabau, selain itu silat ini ada perbedaan dengan silat pada umumnya yang dilakukan di padepokan atau tempat khusus tapi silek layah ini dilakukan di "Layah" atau arti dalam bahasa indonesia berarti Kubangan. 

Silek layah ini biasanya diadakan di Kubu Gadang Sumatera Barat ini sehabis panen padi ditengah kubangan sawah sesudah panen raya, meskipun terlihat sederhana tapi karena medannya berlumpur tentu saja ada tantangan tersendiri dalam hal gerakan silatnya. 

Meskipun sudah memasuki era teknologi tapi silek lanyah ini masih eksis hingga kini dan anak nagari tetap melestarikannya selain itu ada beberapa fungsi lain dari silek lanyah yaitu diantaranya. 

  1. sebagai seni pertunjukan konpemporer untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan mengunjungi padang panjang. 
  2. untuk bertemunya para pelaku silat yang ada di Sumatera Barat dari berbagai aliran silat yang ada dan sawah sebagai media gelanggang untuk silat yang biasanya diadakan dua kali dalam setahun sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk menyaksikan silek lanyah ini. 
  3. silek lanyah dijadikan objek wisata budaya daerah setempat, dengan dijadikannya objek wisata budaya oleh pemerintah setempat diharapakan silek lanyah ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages