Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 15 June 2020

Tradisi Bakawu Adat di Nagari Sikabau Dhamasraya, Sumatera Barat

Setiap Nagari di Sumatera Barat Mempunyai Budaya dan tradisi masing-maisng yang dijaga dan dilestarikan hingga kini tak terkecuali di Nagari Sikabau Dhamasraya ini ada tradisi yang sudah turun temurun di Nagari tersebut sejak ratusan tahun yang lalu dan masih dijaga dan dilestarikan hingga kini namanya Tradisi Bakawu Adat. 

Foto : Antaranews.com

Tradisi Bakawu Adat merupakan suatu tradisi Ziarah ke Makan Leluhur Nagari Sikabau bernama Datuak Gadang Tuanku Dauli Sikabau yang merupakan leluhur penggagas beridirinya Nagari Sikabau atau masyarakat setempat menyebutnya dengan dengan leluhur "Cancang latiah".

Leluhur cancang Latiah ini pada Zaman dahulunya mempunyai jasa mencarikan tanah yang datar dan dingin sehingga cocok untuk lahan pertanian yang subur dan menjalankan kehidupan sosial  seperti sekarang ini. 

Tradisi ini biasanya dilaksanakan setelah panen raya tiba sebagai bentuk syukur atas Nikmat dan rezeki yang diberikan oleh sang pencipta,  selain itu sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat.

Tradisi Bakawu Adat ini bukan hanya tradisi dari Nagari Sikabau saja tadi tradisi dari Daerah Dhamasraya, karena bukan hanya nagari sikabau saj ayang melaksanakan tradisi ini  Nagari-nagari tuo yang ada di Dhamasraya juga melakukan kegiatan dengan bentuk yang hampir sama. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages