Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 2 June 2020

Mengenal Pohon Andalas, Pohon Identitas Khas Sumatera Barat

Pohon andalas adalah pohon identitas Provinsi Sumatera Barat yang masih berkeluarga dengan Pohon Murbei, masyarakat setempat menyebut pohon andalas dengan sebutan Kertau, Hole Tanduk, dan Andaleh.

Foto : Alamendah.org

Ditetapkannya pohon Andalas sebagai flora identitas Sumatera Barat mungkin tidak terlepas dari pemanfaatan kayu Andalas sebagai bahan pembangunan rumah adat di daerah Minangkabau seperti Rumah Gadang dan lain sebagainya. pemanfaatan kayu secara besar-besara tanpa dibarengi dengan penanaman baru akibatnya jumlah pohon Adalas sudah jarang ditemukan di Ranah Minang ini hanya ada d beberapa tempat seperti d gunung Merapi dan Gunung-gunung lain yang ada di Sumatera Barat,

Buah Andalas mirip dengan buah murbei dengan buah yang bisa dimakan warna hijau ketika masih muda sedangkan warna ungu kemerahan jika sudah matang dengan rasa manis asam, pohon ini tersebar ke berbagai wilayah Seperti Kamboja, China bagian selatan dan Indonesia, khusus untuk Indonesia pohon ini hanya ada ada di Pulau sumatera dan Jawa.

Pohon Andalas terkenal akan kayunya yang bagus untuk dibuat bahan bangunan yang terkenal akan kekuatanya yang tak lekang oleh panas dan tak lapuk jika terkena oleh air atau hujan, selain untuk bahan bangunan kayu andalas juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan.

Kata Andalas juga diabadikan menjadi nama salah satu Univesitas di Sumatera Barat dengan logo yang berupa pohon tentunya.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages