Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 13 May 2020

Lamang Tungkek, Sajian Wajib Hari Raya Idul Adha Di Sawahlunto Sumatera Barat

Ada berbagai tradisi dari mulai kegiatan adat yang khas dan sajian yang hanya ada pada momen-momen tertentu seperti panganan yang satu ini namanya Lamang Tungkek. Meskipun namanya sama yaitu lemang tapi cara masak dan bahannya benar-benar berbeda karena bahan dasar yang digunakan yaitu tepung beras dan gula merah.

 Foto : Instagram/iraokmulsuryani

Makanan khas Sawahlunto ini tepatnya di kecamatan Talawi Kab Sawahlunto Sumatra barat, makanan ini hanya ada pada hari raya kurban atau Idul Adha saja, bagi masyarakat kecamatan Talawi Hari Raya Idul Adha tapa hadirnya lamang tungkek ini merasa ada yang kurang. 

Bentuknya bulat lonjong, dibungkus dengan daun pisang dan diikat kedua ujungnya dengan tali rafia, panjangnya beragam tergantung keinginan pembuatnya, pajangnya bisa mencapai satu meter, lamang ini mirip dengan lamang yang berada di kabupaten sebelah yaitu kabupaten sijunjung namanya lamang guguik atau ada orang yang menyebutnya dengan lamang tongkat, meskipun bahan dasarnya sama tapi cara pembuatannya berbeda.

lalu bagaimana dengan pembuatan lamang tungkek ini, berikut adalah resepnya.

Bahan- Bahan
  • 3 lt Tepung beras
  • 3 Kg gula merah
  • 6 buah Kelapa parut
  • Desmani, Spekuk, garam dan daun pandan secukupnya.
  • 5 tandan daun pisang
  • tali rafia secukupnya
Cara Membuatnya
  1.  Daun pisang di diang hingga layu
  2. Siapkan kuali ukuran sedang kemudian masak dan daun pandan, tunggu hingga gula merah mencair dan berwarna cokelat pekat
  3.  setelah gula aren mencair kemudian masukan santan sampai agak keluar minyaknya
  4. masukan tepung beras yang sudah dicampur air
  5. masukan desmani, spekuk, garam secukupnya
  6. aduk adonan sampai berwarna cokelat
  7. setelah diangkat kemudian bentuk lonjong dan bungkus dengan daun pisang, panjangnya kira-kira 2/3 Jengkal dan diameter 1,5 cm kemudian ikat kedua ujung dan tenganya dengan tali rafia 
  8. setelah dibungkus daun pisang dan diikat tali rafia kemudian di kukus lagi kurang lebih 15 menit
  9. Angkat dan sajikan.
Selain membuat sendiri yang ternyata cukup panjang prosesnya di kecamatan Talawi sawahlunto ternyata ada juga yang menjual lemang yang satu ini dijual dengan harga Rp 3000 perbuahnya, tapi hanya ada penjual lamang tungkek ini ketika hari raya kurban atau Idul Adha. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages