Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 17 April 2020

Penyebutan Kata "Dia" dalam Bahasa Minang

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang penyebutan kata " Kamu / Anda" dalam Bahasa Minang, kali ini adalah cara penyebutan "Dia" dalam bahas Minang. Sama dengan postingan sebelumnya dalam bahasa Minang ada beberapa kata yang dipakai dalam bahasa Minang tergantung kepada siapa dia berbicara dan daerah, karena ada beberapa kata yang khusus dipakai didaerah itu saja tetapi tidak di daerah lain meskipun masih di Sumatera Barat. 



Pada dasarnya penyebutan "dia" dalam bahasa Minang tidak berbeda jauh dengan bahasa Indonesia yang tidak mengenal jenis kelamin seperti dalam bahasa Inggris ataupun dalam bahasa Jepang, Contoh dalam bahasa Inggris untuk "dia Perempuan" menggunakan Kata " She" sedangkan untuk kata "dia Laki-laki" menggunakan kata "He" sama halnya dalam Bahasa Jepang Menggunakan kata "彼女 (Kanojo)" untuk "dia perempuan" sedangkan untuk " dia laki-laki" menggunakan kata " 彼 (kare)".

Daripada penasaran apa saja penyebutan kata "dia"  dalam Bahasa Minang berikut adalah penjabarannya. 

1. Inyo/Anyo

Kata ini sepertinya masih netral dan digunakan oleh semua orang baik laki-laki ataupun perempuan. sedangkan kata "Anyo dan Inyo" sebenarnya artinya sama aja tapi ada beberapa daerah yang menggunakan "Anyo"saja sedangkan daerah lainnya tidak seperti Kata "Inyo" digunakan didaerah kota Padang dan tanah datar dan sekitarnya. 

2. Ano

kata "Ano" ini hanya digunakan khusus untuk daerah Bukittinggi dan sekitarnya. kalau misalkan ketemu di perantauan atau lagi di kota padang kalau misalkan ada kata-kata "Ano" dipastikan orang itu adalah orang Bukittinggi

3. We'e

kata "We'e" ini hanya untuk daerah pariaman saja, sedangkan untuk daerah lainnya tidak menggunakan kata ini. 

4. Paja

Paja ini termasuk kedalam bahasa Kasar dalam minang biasanya digunakan dalam keadaan marah atau tersinggung karena perbuatan atau perkataan seseorang. untuk orang yang baru belajar bahasa Minang sebaiknya hindari penggunaan kata ini.

Semoga Bermanfaat. 


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages