Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 8 April 2020

Penyebutan kata "Aku atau Saya" Dalam Bahasa Minang

Indonesia dengan banyaknya suku dan budaya yang tersebar di seantero negeri harus dilestarikan dan selalu menarik untuk dipelajari salah satunya adalah bahasa minang yang cukup menarik untuk dipelajari.


pada pelajaran pertama ini adalah penyebutan kata saya atau aku dalam bahasa minang, kata "saya/Aku" adalah istilah penyebutan untuk diri sendiri. kita mungkin sudah tidak asing dengan kata "awak" khusus untuk panggilan orang minang yang disebut juga dengan "urang Awak" secara harfiah kata "awak" jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah "saya". selain kata "awak" ini ternyata masih ada kata lain yang biasanya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang minang. daripada penasaran kita bahas satu persatu. 

1. Aden / den / wakden.

yang pertama adalah kata "aden / den / wakden" biasanya digunakan pada orang yang sudah dikenal  atau teman sejawat yang sudah dikenal akrab, jika bicara pada orang yang lebih tua dianggapnya kurang sopan dan jika digunakan pada orang yang baru dikenal terkesan sombong. 

2. Ambo

kata "ambo" bisa digunakan untuk kawan yang sama besar. atau bisa juga digunakan dalam konteks resmi misalkan dalam acara adat, pernikahan dan lain lain, dan biasa juga digunakan pada orang yang dihormati misalakan  bicara pada orang tua atau kepala suku. 

3. Denai

kata "denai" ini digunakan dalam orang yang dihormati dan kata denai ini terkesan lebih sopan dari "Aden". tapi dalam kehidupan sehari-hari orang minang kata ini jarang digunakan tapi lebih banyak digunakan dalam lirik-lirik lagu minangkabau. 

4. Awak

Kata "Awak" ini sangat  familiar bukan hanya untuk orang minang saja tapi untuk orang non minang juga kadang mengerti kata awak ini, dalam penggunaannya biasa digunakan pada orang yang baru dikenal atau pada orang yang disegani, oh ya satu lagi kata "Awak" ini bisa juga berarti "Kita"

Hal yang sangat unik dan masih bertahan selama ini, ketika berbicara dengan orang yang lebih tua - termasuk dengan orang tua yaitu untuk menyebut diri sendiri biasanya digunakan nama sendiri ini dipandang lebih sopan. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages