Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 8 April 2020

Biografi Zalmon, Penyanyi Pop Minang Legendaris

Siapa sih yang tidak suka dengan lagu pop minang, banyak diantara kita di nusantara dan bahkan orang luar negeri yang menyukai dengan pop minang meskipun banyak yang tidak mengerti tentang liriknya atau maksud dari lagu yang dilantuntan tersebut, tapi mereka pada menyukainya. 


salah satu penyanyi legendaris pop minang adalah Zalmon, siapa sih zalmon ? atau mungkin ada yang baru denger atau sudah ada yang mengetahuinya, pelantun lagu "Kasiak nan Muaro" ini dengan petikan lagu Bialah diak ujan tangah hari nak nyo tumbuah si rumpuik banto, bia lah diak denai surang diri, kok jo ambo mungkin sansaro" membuat banyak fans fanatik hingga saat ini, sangat disayangkan jika anda orang minang belum mengetahui dengan zalmon ini yang menyanyi dengan suara ratap parau ini. 

Zalmon sebenaranya adalah nama panggung saja nama aslinya adalah Shamsurizal dia mempunyai seorang istri dan lima orang anak. Istri beliau bernama Nuraida. Zalmon dilahirakan di Jakarta 15 September 1954 sepanjang kariernya hingga wafat zalmon menghasilkan sekitar 120 Album tema dari lagu yang dibawakan oleh zalmon adalah lagu-lagu sentimental dengan suara serak parau tentang nasib dan penderitaan (parasaian) manusia-manusia Minangkabau dalam menjalani kehidupan baik di kampung halaman maupun di perantauan.

karir pertama zalmon dimulai pada tahun 80-an dengan lagunya Nan Tido Manahan Hati (Yang Tak Berpunya Menahan Hati) yang menjadi hit pada masa itu. Sepanjang tahun 1990-an dan 2000-an namanya pun semakin dikenal banyak orang dengan meluncurnya beberapa album yang menghasilkan lagu-lagu hits di Sumatra Barat dan di daerah-daerah perantauan orang Minang, di antaranya Kasiak Tujuah Muaro (Pasir Tujuh Muara), Ratok Padi Ampo (Ratap Padi Hampa), Sapayuang Bajauah Hati (Sepayung Berjauh Hati), Buruak Sisiak (Buruk Sisik), Diseso Bayang (Disiksa Bayangan) dan beberapa lagu lainnya. 

Puncak popularitas Zalmon ini bisa disejajarkan dengan legenda musisi Minang sekelas Tiar Ramon, Ernie Djohan dan Elly Kasim yang telah dahulu terkenal di era sebelumnya.

Semasa hidupnya, lebih dari 120 album dikeluarkan Zalmon. Semua merk dapur rekaman, seperti Tanama Record, Pitunang Record, Planet Record, Sinar Padang, Gita Firma pernah 'mengambil' suara Zalmon ini. Beliau juga sempat memiliki rumah produksi Zalmon Record.

selama berkiprah selama 20 tahun zalmon berpulang meninggalkan keluarga dan para penggemarnya pada 21 mei 2011 akibat paru-paru basah yang dideritanya di RS Ibnu Sina Padang pada usia 57 Tahun. 




loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages