Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 13 April 2020

Penyebutan "Kamu" Dalam Bahasa Minang

Bahasa Minang adalah bahasa yang masuk kedalam rumpun melayu dan mirip dengan bahasa Indonesia, jika anda sudah mengetahui dan bisa berbicara bahasa Indonesia maka tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. disamping katanya yang mirip ada juga kata- kata tersendiri. 

pada postingan sebelumnya kita sudah membahas kata ganti saya dalam bahasa minang, kali ini kita akan membahas tentang penyebutan kamu dalam bahasa minang, ada beberapa macam cara penyebutan kamu dalam bahasa Minang, mari kita jabarkan satu persatu.

1. Ang, Waang

Kata ini sering digunakan oleh kaum laki-laki, meskipun kadang ada perempuan yang menggunakan kata ini , konteksnya kata "ang" ini pasanganya adalah Kata " den" , jadi "saya - Kamu" jadi "den -Ang". 

Kata ini sering digunakan ke teman sepermainan atau ke orang lebih muda, jika di gunakan ke orang yang lebih tua misalkan orang tua maka dinilai kurang sopan, jangan digunakan juga kepada orang yang baru dikenal karena dianggap tidak lazim,

2. Kau

Kata ini sering digunakan kepada lawan bicara perempuan , jika digunakan kepada kaum laki-laki dianggap merendahkan martabat kaum lelaki, Pada konteksnya kata "kau" ini hampir sama dengan "ang".

Uniknya dalam Bahasa Indonesia kata ini sering digunakan kepada kaum laki-laki ataupun perempuan meskipun maknanya sedikit kasar jika dibandingkan dengan kata "kamu".

pada percakapan sehari-hari kata ini jarang digunakan karena dianggap kurang sopan lebih baik menggunakan kata "adiak", "Uni" ataupun sebut namanya aja, itu dianggap lebih sopan. 


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages