Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 14 April 2020

Keripik singkong Balado, Si Pedas Manis Asli Padang

Provinsi Sumbar terkenal dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak, selain itu provinsi Sumbar terkenal akan berbagai macam masakan yang mengandung cabai, dari mulai masakan seperti gulai, dendeng sampai bahan cemilan seperti keripik. 


salah satu cemilan yang terkenal akan kelezatan dan kegurihannya adalah keripik singkong balado, keripik ini sangat populer bagi pelancong dari uar sumbr atau bagi orang sumbar sendiri karena selain tampilannya yang menggugah selera tapi juga rasanya juga yang tak kalah enak dengan rasa campuran pedas dan manis sipapun yang pernah mencobanya pasti ketagihan dan ingin makan lagi. 

keripik singkong balado banyak dijual di toko-toko pusat oleh-oleh khas minangkabau atau ditoko swalayan dengan harga bervarisi antar Rp 10.000 Sampai dengan Rp 20.000 per pack nya. sekilas singkong balado ini hampir sama sama keripik sanjai tapi ada perbedaan tentunya pertama dari warnanya, warna singkong balado itu merah sedangkan warna keripik sanjai itu sedikit kekuningan dan ukuran irisan singkongnya lebih kecil jika dibandingkan dengan keripik singkong balado

Bagi anda yang penasaran akan rasanya dan belum sempat pergi ke Sumbar berikut adalah resepnya seperti dilansir cookpad.com berikut ini, 

Bahan-bahan



  • 1 kg singkong
  • 100 gram cabe merah keriting
  • 10 gram Cabe rawit
  • 40 gram gula merah
  • 35 gram gula putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 gram asam jawa tanpa biji cairin dgn sedikit air, saring
  • 3 gram kaldu bubuk rasa ayam
  • 2/3 sdt garam
  • 2 siung bawang putih kating
  • minyak sayur Secukupnya

      Cara Membuatnya
  1.      Kupas singkong, cuci potong -potong dengan alat biar hasilnya rata
  2.      Cuci lagi yang bersih sampai airnya jernih, tiriskan
  3.     Panaskan minyak yang banyak di wajan besar.. harus panas bgt y.. dengan api yg besar.. masukkan singkongnya sedikit-sedikit dijeda.. agar temperatur minyak terjaga.. jangan terlalu penuh juga singkongnya.. kebanyakan tukang keripik itu mempergunakan kayu bakar ataupun kompor bertekanan tinggi biar keripiknya renyah dan mengembang sempurna.. goreng sampai habis sisihkan
  4.   Untuk bumbunya goreng daun jeruk yang sudah dibuang batang tengahnya sampai garing lalu haluskan bersama cabai, bawang, lebih enak sih pake gilingan.. tapi kalau tidak punya bisa diulek aja atau diblender juga bisa.. tapi jangsn pakai air ya.. pakai minyak aja..
  5.   Tumis bumbu halus.. tambah garam dan kaldu bubuk.. sampai keluar minyak.. kalo yg diblender tidak usah pakai minyak lagi.. masak aja aduk -aduk sampai keluar minyaknya lalu masukkan gula pasir dan gula merah yang disisir atau dihaluskan.. dan tambah air asam jawa.. aduk - aduk sampai mengental dan kandungan air dari gula hilang..
  6.   Matikan api, tunggu sampai agak dingin baru campur ke keripik.. biar tidak gampang melempem.. kalau aku biasanya nyampurkannya di baskom besar.. keripiknya dituang ke baskom terus diberi bumbu di atasnya.. dikira-kira cukup.. aduk rata.. nanti kalau kurang bisa ditambah lagi bumbunya..
Semoga berhasil. selamat mencoba

 
 


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages