Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 21 April 2020

Mengenal Tikuluak Penutup Kepala Wanita Adat minangkabau

Pernahkah anda melihat perempuan minang yang memakai penutup kepala seperti tanduk kerbau ? mungkin sebagaian orang ada yang sudah melihatnya tapi tidak tahu namanya mungkin ada juga yang belum melihat sama sekali. ya. pada zaman dahulu bahkan sekarang pada acara-acara adat minang dan pertemuan seperti arisan para perempuanya suka memakai penutup kepala namanya adalah Tikuluak. 



Tikuluak ini adalah penutup kepala perempuan dalam budaya minangkabau, penutup kepala ini terbuat dari kain yang dibentuk menjadi selendang panjang yang kemudian dikreasikan beragam bentuk sesuai dengan penggunaan dan fungsi dalam tradisi adat Minangkabau

secara umum tikuluak dapat dibedakan dari bentuk dan kain yang digunakan. ada yang menyerupai tandau kerbau yang sama juga dengan bentuk rumah gadang minangkabau yang disebut tonjong dengan kedua sisinya meruncing jenis ini biasa dipakai oleh anak-anak pengiring mempelai pengantin perempuan dalam pernikahan. bentuk lainnya dengan bentuk melingkar dan ujungnya menjuntai biasanya bentuk seperti ini dipakai oleh bundo kandung. 

selain untuk membedakan penutup kepala laki-laki dan perempuan minang ternyata ada fungsi yang lain yaitu menunjukan tanda kewibawaan, kehormatan, kemulian status, dan identitas pemakainya. karena di minangkabau mengikuti sistem matrilineal maka tak heran perempuan mempunyai derajat yang tinggi secara adat contohnya dipercaya sebagai pemilik harta pusako yang diturunkan secara turun temurun mnenurut garis keturunan ibu. 

ada berbagai macam bentuk tikuluak ini tergantung dari luhak mana dia berasal secara umum luhak tikuluak ini berasal dari tiga luhak besar yang berada di sumabar yaitu luhak tanah datar, luhak agam dan luhak 50 koto, untuk penjelasan masing- masing bentuk luhak akan dijelaskan pada postingaan berikutnya. 


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages