Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 20 April 2020

Kue Inai - Inai Khas Sulit Air, Solok Yang Renyah dan Gurih

Sumatera Barat salah satu provinsi dengan banyak potensi diantaranya potensi wisata, kuliner budaya dan lain sebagainya, bahkan setiap daerah di Sumbar ini punya makanan dan oleh-oleh khas nya masing-masing salah satunya di Sulit Air, kabupaten solok, Sumbar.


Sebuah daerah yang berada di kabupaten solok punya makanan atau cemilan khasnya namanya kue inai-inai, kenapa disebut inai-inai tidak ada yang tahu pasti yang jelas cemilan ini, renyah dan gurih berbentuk seperti mie, kalau di gigit akan rapuh dan krenyes karena terbuat dari tepung beras dan bahan lainnya. cara membuatnya juga cukup unik adonan yang sudah jadi lalu di tekan ke tempurung kelapa yang sudah dilobangi kecil-kecil nanti akan keluar kecil-kecil seperti mie, setelah itu di goreng, kalau sekarang ini sudah jarang yang menggunakan yang menggunakan tempurung kelapa tapi sudah diganti dengan stainles. 

Kue inai-inai biasanya ada dan banyak menjelang atau pada bulan ramadhan biasanya banyak ditemukan penjual kue inai-inai ini, kue ini termasuk jarang karena hanya ada di daerah solok saja, saya belum menemukan kue ini di pasar pusat oleh-oleh khas minang di kota padang. 

pada bulan ramadhan biasanya kue ini banyak diperjualbelikan karena peminatnya cukup banyak dengan harga bervariasi tergantung ukuran plastiknya, biasanya berkisar antara Rp, 15.000 sampai Rp, 30.000 ribu rupiah. 

bagi anda yang penasaran bagaimana resep dan rasanya adan bisa mencoba buat sendiri di rumah, berikut adalah video cara pembuatan kue inai-inai khas sulit air, kabupaten solok. 



Gimana Mudah kan, selamat mencoba !!

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages