Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 20 April 2020

Mengenal Busana Pengantin Koto Gadang Khas Sumatera Barat

Pernikahan adalah salah satu momen sakral dalam memadukan cinta suci sebuah ikatan untuk membentuk sebuah keluarga yang sakinah, mawaddhah, warrahmah. Hampir setiap orang mendampakan dan dapat melangsungkan pernikahan dengan orang terkasih sampai ajal menjemput. 

Sumber: hipwee.com

Dalam sebuah pernikahan mengandung adat tatacara sendiri dan berbagai tahapan yang harus dilalui, ada berbagai pakaian adat di dunia dan Di Indonesia yang biasanya dipakai dalam suatu resepsi pernikahan, untuk di Indonesia sendiri banyak sekali adat dan tata cara dan pakaian adat dalam pernikahan, bahkan setiap suku di Indonesia Mempunyainya, salah satunya adalah suku Minangkabu. 

Dalam pernikahan adat minangkabau ada beberapa tahapan yang harus dilalui sampai ke resepsi pernikahan. pada saat prosesi pernikahan dalam adat Minangkabau terdapat dua jenis pakaian adat yang biasanya digunakan yaitu Busana pengantin Sunting dan busana pengantin Koto Gadang. 

Pada sebuah resepsi pernikahan adat minangkabau seseorang bisa mengganti busana pengantin sebanyak dua kali pertama yaitu mengakan busana pengantin Suntiang dan Kedua Memakai busana pengantin Koto Gadang. sebenarnya apa sih busana pengantin koto gadang ? busana pengantin koto gadang ini terbagi atas dua yaitu busana pengantin koto gadang untuk wanita dan busana pengantin koto gadang untuk pria. untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini. 

Busana Pengantin Wanita Koto Gadang

Salah satu keunikan busana pengantin Koto Gadang terletak pada tutup kepala pengantin wanita berupa selendang beludru sulam emas, yang disebut Tengkuluk Talakuang. Busana yang dikenakan adalah baju kurung beludru Batabua, bertabur kalung emas mulai dari kalung cakiek, kalung dukuah, kalung keroncong hingga kalung dirham. Kain balapak atau kain songket hadir sebagai padanan, dengan selendang songket bernuansa keemasan tersampir di bahu. Sementara gelang garobah ukuran besar dan gelang-gelang kecil seperti gelang rantai emas, gelang marjan, gelang pilin kepala bunting hingga gelang kareh emas, indah menghiasi pergelangan tangan. Lentiknya jari-jemari pun tak luput dari kilau keemasan dengan kehadiran barisan cincin mato berlian, cincin mato tujuh, cincin mato lima, cincin belah rotan dan cincin kankuang.

Busana Pengantin Pria Koto Gadang

Sementara pengantin pria atau marapulai mengenakan Baju Roky atau Baju Gadang dari beludru warna senada dengan busana anak daro  (Mempelai Perempuan). Celana panjang longgar dari bahan dan warna yang sama sebagai padanan, dengan kain songket atau balapak sebagai kain samping, serta sebilah keris terselip di pinggang.

Sumber 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages