Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 9 April 2020

Mengenal Pensi Kerang Endemik Danau Maninjau

Hayo siapa diantara kalian yang sudah tau pensi ? Bagi kami masyarakat minang terutama penduduk di sekitar danau maninjau kabupaten Agam , Sumatera Barat sudah tidak asing dengan pensi ini. 

Pensi adalah kerang endemik danau maninjau yang cukup populer  dan menjadi panganan favorit atau makanan wajib yang perlu anda coba jika berkunjung dan berwisata ke danau maninjau ini. 

Pensi ini ukuran kerangnya kecil berwarna hitam atau ada juga kuning kehitaman. Biasanya para nelayan lokal menangkap pensi ini menggunakan tangguak dengan menggunakan sampan tradisional pada subuh dan biasanya langsung dijual pada pagi harinya dalam keadaan segar. 

Oleh masyarakat sekitar danau mananjau pensi ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti gulai pensi, dendeng pensi dan lain sebagainya tapi cara pengolahannya cukup susah juga karena harus menghilangkan daging dan kulit luar atau cangkangnya. Tapi yang sering disajikan pensi ini diolah menjadi cemilan yang dicampur sama berbagai bumbu sepetti bawang daun, bawang merah, garam dan sebagainya. 

Makanan ini cukup populer dari dulu sampai sekarang bahwa kalangan usia juga menyukai, jadi bagi anda yang berwisata ke danau maninjau tidak ada salahnya mencoba panganan khas yang satu ini. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages