Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 1 April 2020

Jenis Sayuran Tak Biasa Yang di Jual di Pasar Tradisional Padang

Orang minang terkenal dengan julukan mahir berdagang di seantero negeri tak lecuali bagi perantau ataupun yang tinggal di sumbar sendiri rata rata berprofesi sebagai pedagang. Karena mereka jago berdagang maka jenis barang apapun mampu dia jual dari mulai pakaian makanan dan lain sebagainya. 

Bahkan tak sedikit para lelaki muda banyak yang menjual sayur sayuran, buah buahan, ikan asin dan sebagainya. Ngomong ngomong tentang sayuran ternyata di kota padang masih ada yang jual berbagai jenis sayuran yang tak biasa ataupun sayuran lokal yang masih eksis di pasar pasar sayur tradisional kota padang. 

Daripada penasaran berikut adalah beberapa jenis sayuran tak biasa yang dijual di pasar tradisional kota padang. 

1. Takokak


Takokak atau dalam bahasa setempat menyebutnya rimbang sering dipakai sebagai bahan campuran ketupat gulai, atau jenis sambal misalkan sambal buruak khas minang. Maka tak heran anda akan mudah mendapatkan jenis sayuran ini jika berbelanja di pasar tradisional kota padang

2. Pucuk paku
Pucuk paku yang masih muda sering dibuat campuran masakan oleh orang minang misalkan gulai paku dan lain sebagianya. Sama seperti sayuran takokak maka akan dengan mudah mendapatkan sayuran ini. Harga yanh dijual cukup murah antara Rp 2.000 sampai Rp. 5.000 perikatnya. 

3. Daun mangkokan. 

Meskipun tak sebanyak yang jual pucuk paku sama takokak anda juga dapat dengan mudah mendapatkan daun mangkokan ini. Daun mangkokan ini bisa dibuat sebagai bahan campuran gulao di ranah minang

4. Honje atau combrang

Mencari combrang di pasar tradisional padang kini mulai langka karena tak banyak yang menjualnya hanya beberapa orang saja, hanya penulis belum mengerti kegunaan buah ini jika di ranah minang. Jika di asal saya yaitu suku sunda buah ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran sambel ataupun masakan lainnya. 

5. Petai china

Petai china jarang sekali ada yang jual meskipun jika secara kebetulan anda ada bisa menjumpai orang yang menjual petai china meskipun banyak pohon china di ranah minang. Mungkin hanya sedikit  oran orang yang mengkonsumsi jenis sayuran ini. 

6. kamumu

Jenis sayuran ini hanya ada di ranah minang yaitu pelapah talas kamumu yang dipotong, dan dijual dipasar tradisional kota padang, sebagai bahan campuran gulai. 

7. Jantung pisang.


Ada banyak penjual jantung pisang di ranah minang dengan harga bervariasi dari mulai  Rp 5000 sampai Rp 20.000 perbuah tergantung besar kecilnya ukurannya. Cara pengambilan jantungnya yaitu yang sudah agak ujung dan dibiarkan yang paling pangkal nya beberapa sisir jadi buah pisang dan ujungnya bisa ambil untuk dimasak. 

8. Daun kacang panjang


Jika lagi musim buah kacang panjang maka tak jarang banyak penjual daun kacang panjang ini yang dijual perikat dengan harga bervariasi antara Rp 3.000 sampai Rp. 5.000 Perikatnya.

9. Daun Katuk

Meskipun jarang kadang ada orang yang menjual daun katuk ini yang dijual dengan tangkainya yang diikat, harga jual perikatnya Rp. 5000. Rupiah. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages