Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 31 March 2020

Lamang baluo, yang legit dan enak

Jika berbicara minangkabau tentu banyak masakan tradisional yang masih perlu di eksplor keberadaannya supaya tidak hilang oleh zaman. Salah satu masakan itu adalah lamang baluo. 

Doc : cendananews.com

Sebenarnya ada banyak masakan atau jajanan tradisional yang menggunakan bahan dasar ketan ini seperti lamang tapai, lamang golek dan lainnya. 

Secara umum lamang baluo mirip dengan lamang golek cuma yang membedakan yaitu terletak pada proses pembuatannya. Jika lamang golek yaitu beras ketan yang sudah diisi dalamnya dengan lue didalamnya kemudian dibungkus sama daun pisang lalu di bakar diatas bara api. 

Hal ini berenda dengan lamang baluo , cara pembuatan lemangnya pertama beras ketan yang sudah dicampur santan dan bumbu dimasakun kedalam bambu, jangan lupa ditengah bambu dipasangkan kayu kecil fungsinya untuk memasukan luo jika hasil panggangan lemangnya sudah matang dengan mencabut kayunya. Jika sudah dimasukan luonya maka akan tercium baunya yang enak. Oh ya luo adalah campuran antara parutan kelapa sama gula merah dan bumbu lainnya. 

Jika sudah matang maka angkat dan belah bambunya, cara penyajiannya yaitu lemangnya dipotong potong dan siap di hidangkan. Oh ya sekarang ini tidak banyan orang yang jual lamang baluo jika dibandingkan dengan lamang tapai ataupun lamang golek. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages