Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 30 March 2020

Ikan Bakar Ala Minang Yang Menggugah Selera

Sumatera barat terkenal akan berbagai masakan yang kaya akan bumbu dan rasa maka tak heran jika salah satu masakannya yaitu masakannya yaitu rendang menjadi salah satu masakan terenak. selain rendang yang terbuat dari daging sapi ada juga olahan lain yang kaya akan bumbu salah satu contohnya yaitu ikan bakar ala padang. 

Foto :Facebook.com/Melda Elfiyanti

ikan bakar ala padang identik dengan warna kuningnya karena ada campuran kunyit dan berbagai bumbu lainnya yang rasanya semakin menggungah selera. pada dasarnya bumbunya sama aja baik itu untuk ikan laut mapun ikan air tawar seperti ikan nila ataupun ikan lele,

yang membedakan cara mengolah ikan bakar ala minang ini adalah ikannya dimasak terlebih dulu sama bumbunya diatas wajan sampai bumbu tercampur rata setelah itu baru dibakar diatas bara api pakai panggangan. hal ini berbeda dengan ikan bakar ala jawa yang biasanya ikan dibakar langsung diatas bara api tanpa di masak dahulu diatas wajan dan bumbunya ala kadarnya tidak terlalu banyak bumbu seperti ikan bakar ala minang

jika anda penasaran dengan rasanya  berikut adalah resepnya seperti dilansir oleh sribundo.biz berikut ini, 

Bahan Utama Yang Harus Anda Siapkan :
  • 1 bh jeruk nipis – ambil air jeruknya
  • 5 ekor ikan – potong sesuka anda
  • 4 sdm minyak goreng
Bahan Bumbu Yang Harus Anda Sediakan :
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 10 btr bawang merah
  • 1 1/2 sdt garam
Cara Mudah Membuat Ikan Bakar kembug Bumbu Padang :
  1. Ikan terlebih dahulu ikan kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan hingga 1 jam supaya ikan menjadi bagus.
  2. Semua bahan-bahan, jika semua sudah anda haluskan Anda bisa memanaskan minyak goreng pada wajah dilanjutkan dengan menumis bumbu yang telah dihaluskan tadi setelah itu masukkan ikan kembung pada bumbu.
  3. Jika sudah anda bisa mengaduknya hingga merata alamat Anda bisa mengangkatnya, siapkan tempat untuk pembakaran jika sudah ada siapkan Bara Api kemudian bisa anda panggang ikan kembung di atas bara api tersebut.
  4. Bumbu yang telah dihaluskan diamkan hingga matang sempurna jangan lupa untuk dibolak-balik agar matangnya rata kemudian jika sudah matang Anda bisa mengangkat dan menyimpan di piring saji ikan bakar kembung siap Anda sajikan.
Resep cara pembuatan ikan bakar kembung bumbu padang yang telah kami bagikan kali ini semoga berhasil dan selamat mencoba.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages