Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 8 March 2020

Takaran jual beli beras di Sumbar masih menggunakan sistem gantang dan liter

Beras merupakan salah satu bahan pokok yang wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan bahkan dunia. Beras beras berasal dari padi dan sawah sawah dipedesaan tapi sayangnya sekarang ini jumlah sawah mulai berkurang karena lahannya dipakai untuk bangun rumah. 


Untuk membeli kebutuhan pokok yang satu ini biasanya masyarakat membelinya dari mulai pasar tradisional sampai pasar modern sekalipun. Pada umumnya dalam transaksi jual beras didaerah lain biasanya menggunakan takaran kilogram sebagai Salah satu ukuran dalam berat dan penentuan harganya, dengan harga yang beragam dimulai dari kualitas dan jenis berasnya itu sendiri. 

Tapi ada hal yang berbeda jika anda berkunjung ke Sumbar dan ingin membeli beras, pedagang disana tidak menggunakan kilogram dalam membeli beras tapi menggunakan sistem cupak, liter, gantang dan karung jika membeli dalam jumlah banyak. 

Jika dikonversi kedalam liter. 

1 cupak = 0,5 liter
1 gantang = 2 liter. 

Untuk harga beras sendiri di sumbar dirasa lebih mahal jika dibandingkan dengan pulau jawa. Di Sumbar untuk harga 1 liter beras dijual rata rata Rp. 10.000,- yang kalau dikonversi ke kilogram beratnya tidak sampai 1 Kg. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages