Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 8 March 2020

"Kopi tatungkuik" sajian kopi tak biasa dari kecamatan malalak, kab. Agam Sumbar

Sumbar dengan ragam pesona dan kulinernya yang enak dan unik membuat penasaran untuk mengeksplor apa yang ada didalamnya. Kali ini datang dari kecamatan malalak kab Agam, sumbar, namanya "kopi tatungkuik" atau dalam bahasa Indonesianya kopi terbalik, sebenarnya tidak ada perbedaan rasa yang mencolok dengan rasa kopi pada umumnya, tapi yang membuat unik adalah cara penyajiannya. 



 Cara penyajiannya pertama tama kopi diseduh seperti biasa menggunakan air panas lalu di aduk rata setelah itu bagian atas  gelas tadi ditutup sama piring kecil atau cipi lalu di balik lalu kopi siap dihidangkan ke pelanggan. 

Menurut pedagang kopi tatungkuik tersebut ada beberapa keistimewaan kopi tatungkuik ini yaitu bisa membuat panasnya lebih lama dan terasa lebih nikmat mengingat daerah kecamatan malalak termasuk daerah yang bercuaca dingin. 

Cara meminum kopi ini dengan cara mengangkat piring kecilnya lagi diminum melalui rembesan air kopi yang keluar dari sela sela gelas yang keluar atau bisa juga menunggu kopi keluar agak banyak dan menggunakan sedotan. 

Minum -kopi ini sangat cocok dimakan sama goreng pisang atau makanan manis lainnya. 

Bagi anda yang ingin mencoba penyajian kopi yang unik ini di rumah anda, menurut pengamatan saya ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

1. Pastikan menggunakan gelas kaca dan tidak ada pegangan dan juga ukuran gelas yang agak tinggi, jika pakai gelas kecil dirasa kurang efektif. 

2. Pada saat mau membalik gelas harus dipastikan rapat antara gelas dengan cipinya. Karena kalau tidak rapat bisa jadi air kopi yang panas bisa menyiram tubuh anda. 

3. Sebaiknya menggunakan kopi yang tidak terlalu banyak ampas karena rasa kopi akan sedikit berpengaruh. 

Tapi jika merasa susah untuk membuat sendiri datang dan beli ke warung kopi dengan harga Rp. 8000,- per gelasnya. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages