Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 10 March 2020

Resep Telur dadar khas Padang yang renyah dan gurih.

Hayooo. siapa yang tidak suka telur ?? makanan yang berasal dari jenis unggas yang kaya protein ini sangat disukai dan diminati dari kalangan orang dewasa dan anak-anak. maka tak heran hampir setiap orang punya jenis makanan ini dirumahnya. telur dapat dimasak dengan cara yang paling mudah sampai yang paling sulit. 




salah satu olahan yang gampang dari telur adalah, telur dadar. hanya dengan mencampur  garam, dan irisan daun bawang kedalam telur dan langsung goreng, maka telur dadar pun sudah jadi. diberbagai daerah di .Indonesia punya khas tersendiri bagaimana cara mengolah telur dadar hingga ,terlihat istimewa dan dijamin kelezatanya. salah satu nya adalah telur dadar khas padang. telur dadar ini biasanya disajikan di rumah makan padang dengan tekstur lebih tebal dan lembut, kalau soal rasanya dijamin mantap, yang membut telur dadar padang sedikit berbeda adalah adanya campuran kelapa parut dan tepung beras. dalam mengolah telur dadar padang ini biasanya dibuat dengan porsi besar minimal 3 butir telur dengan irisan daun bawang yang agak banyak, cara penyajiannya yaitu hasil goreng dadar tadi dipotong-potong bahkan lebih mirip seperti irisan pizza. 

Daripada penasaran berikut saya kasih resepnya seperti yang dilansir dari kumparan

Bahan:
3 butir telur ayam
5 sdm kelapa parut
3 sdm tepung beras

Bumbu halus:
3 buah cabai rawit
2 batang daun bawang
1 batang seledri
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
1/4 sdt ketumbar
4 buah cabai merah keriting
2 cm Kunyit
Garam
Lada bubuk
Kaldu bubuk

Cara membuat telur dadar Padang:

 1. Sangrai kelapa dengan minyak secukupnya hingga agak kekuningan, lalu sisihkan. Larutkan tepung beras dengan air matang, pertahankan tekstur kentalnya. 2. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan (bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabai dan kunyit ), lalu masukan ke adonan tepung beras bersama dengan kelapa3. Tambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk adonan hingga rata dan tidak perlu dikocok4. Panaskan minyak di teflon (kalau bisa ukuran teflon kecil) secukupnya, tunggu hingga panas. 5. Masukkan adonan telur, sebisa mungkin kecilkan api supaya telur tidak mudah gosong diamkan telur dan tunggu hingga dasarnya tidak lembek. 6. Jika sudah sedikit mengeras, balik adonan dengan hati-hati, jangan sampai hancur. Diamkan adonan hingga matang dan mengering
7. Jika sudah matang dan mengharum, tiriskan telur dan matikan api.8. Potong telur sesuai dengan selera dan sajikan.
Telur dadar khas padang pun siap dihidangkan

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages