Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 21 March 2020

Bansi, Alat Musik Tiup Khas Minangkabau

Anda mungkin sudah mengenal berbagai alat musik tiup didaerah kalian dari mulai seruling,bansing dan lain sebagainya. ternyata sumatera barat punya alat musik yang ditiup ini salah satunya bansi yang terbuat dari bambu yang mempunyai 7 lubang dengan ukuran diameter lubang yang berbeda dari atas sampai bawah. panjang bansi antara 33 cm sampai 36 cm. 


jika pada umumnya alat tiup mempunyai 6 lubang dengan diameter lubang yang sama panjangnya lebih dari 50 cm. karena ukuran panjang bansi lebih pendek maka sering disebut juga seruling pendek khas minang. 

bansi ini biasa dimainkan pada acara-acara tradisional minangkabau Kunci dari memainkan bansi adalah kemampuan Anda dalam meletakkan jemari pada lubang-lubang bansi dengan tepat sehingga nada yang keluar sesuai dengan aturan yang ada.


Jika mahir, Bansi akan mengeluarkan suara nan lembut dan merdu. Bansi biasa digunakan untuk mendampingi alat musik lain khas Sumatra barat. Alat musik Bansi mempunyai nada standar, alasan itulah yang membuat bansi dapat dipakai untuk membawakan lagu – lagu modern.


Karena biasanya alat musik tradisional hany bisa digunakan untuk membawakan lagu daerah asalnya saja. Anda dapat melihat bansi dimainkan pada banyak acara tradisional, pameran pertunjukkan musik, acara adat istiadat, atau mungkin pada pertunjukkan musik modern.

Bansi juga sering dimainkan untuk mendampingi tarian tradisonal. Contoh tarian tradisional yang diiringi dengan bansi adalah tari pasambahan. Dengan demikian, Bansi dapat menyanyikan lagu-lagu baik yang bersifat tradisional maupun modern. Dilihat dari segi bentuknya, Bansi berukuran lebih pendek daripada Saluang.

Kini Bansi banyak diperjualkan di pasar online sebagai salah satu souvenir dari Sumatera Barat dan anda bisa mencoba memainkan alat musik tiup ini di rumah anda. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages