Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 5 January 2020

Pulang Basamo Tradisi Mudik Orang Minang

Mudik adalah momen pulang kampung pada saat hari raya keagamaan atau pada musim liburan. Dan puncak dari mudik adalah pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. 


Mudik hampir dilakukan oleh semua Masyarakat yang merantau ke kota besar dan ingin pulang kampung dan melepas rindu sama keluarga dikampung setelah sekian lama tidak bertemu. 

Tiap daerah punya tradisi dalam acara mudik ini tak terkecuali untuk masyarakat minangkabau namanya pulang basamo atau dalam bahasa Indonesia, pulang bersama ini biasanya dilakukan tidak setiap tahun tapi secara bergiliran antar organisasi perkumpulan orang Minang di perantauan. 

Pulang basamo ini biasanya di kolektif dan didata oleh organisasi perkumpulan ini yang sudah ada disana, dan biasanya tidak hanya satu perkumpulan tapi gabungan dari beberapa perkumpulan orang minang di perantauan. 

Dalam acara pulang basamo dilakukan dengan jalur darat dengan cara menyewa mobil bis atau membawa mobil pribadi bagi yang punya kendaraan. 

Jika ada orang yang kurang beruntung diperantauan dan ingin pulang kampung, momen pulang basamo ini bisa dimanfaatkan karena biasanya boleh ikut numpang dan tidak bayar, 

Dalam tradisi pulang basamo ini bisa diikuti oleh ribuan kendaraan pribadi dan ratusan bis, sehingga perjalananan menjadi lebih meriah. 


Jika sudah tiba di kampung halaman ada tradisi lagi khususnya di daerah batusangkar mereka biasanya langsung di arak ke lapangan desa oleh masyarakat setempat untuk makan bersama dilapangan. Jika sudah diketahui kapan tiba sampai di kampung minang para uni uni menyiapkan nasi dan lauknya berupa rendang dan lain lain untuk menyambut kedatangan para perantau dan makan bersama di lapangan desa. Membawa nasi dan lauknya biasanya di bawa di atas kepalanya dan beriringan. 

Karena rata rata perantau ini sukses maka para tetangga atau sanak family bisa mendapatkan angpau atau barang dari perantau tadi sebagai rasa terima kasih sebagai buah tangan. 

Jika acara makan sudah selesai masyarakat perantau boleh kembali rumah dan bertemu keluarga masing masing. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages