Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 6 January 2020

Profesi Apa Yang Dilakoni Orang Minang di Perantauan ??

Merantau bagi orang minang sudah bukan hal tabu lagi dan merupakan suatu keharusan terutama untuk kaum laki laki remaja atau pemuda yang belum menikah.



Merantau bagi orang minang bukan saja karena faktor ekonomi tapi karena faktor faktor lainnya termasuk adat dan budaya. Penemuan jati dan menghilangkan image penakut dan tidak mandiri bagi kaum laki laki di tanah kelahirannya. 

Kadang kita sebagai orang luar atau buka bagian dari suku minang kira kira profesi apa yang dilakukan orang minang diperantauan. 

Kalau bertanya masalah itu tentu banyak profesi yang dilakukan orang minang diperantauan tapi secara umum mereka berprofesi sebagai pedagang. 

Daripada penasaran yuk simak beberapa profesi orang minang di perantauan. 

1. Sebagai pedagang nasi padang. 

Orang minang terkenal dengan jago dagangnya termasuk dalam berdagang nasi padang. Hampir disetiap penjuru dunia ditemukan nasi padang, ya karena sebagian mereka berprofesi sebagai pedagang nasi padang ini. 

2. Sebagai Pedagang pakaian

Banyak perantau orang minang penjual pakaian ini, kalau di jakarta pasti ditemukan banyak orang minang  di pasar tanah abang  yang berprofesi sebagai penjual pakaian

Kalau didaerah lain biasanya mereka menyewa toko untuk berjualan pakaian kalau keuangan nya kurang biasanya berjualan di pasar malam  seperti didaerah jawa barat atau jawa tengah. 

3. Ikut ke saudara untuk berdagang

Untuk perantau baru biasanya mereka ikut saudara atau tetangga mereka yang udah merantau terlebih dan sukses diperantauan terlebih dahulu.  Mereka biasanya ikut terlebih dahulu kalau sudah dianggap mandiri biasanya dikasih modal  untuk berdagang sendiri nantinya. 

4. Berprofesi sebagai pegawai kantoran atau PNS 

Kalau orang yang bekerja di pekantoran sebagai PNS ada tapi kalau bekerja dipabrik pabrik atau buruh jarang ditemukan orang minang disana. Kalau moto mereka bukan mencari kerja tapi mencari uang. 

5. Lain -lain

Selain profesi diatas banyak profesi lain yang dilakoni masing masing individu orang minang diperantauan tapi secara umum mereka berjualan, entah apapun yang bisa dijual bisa dijualin sama mereka. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages