Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 4 January 2020

Pisang Goreng Khas Sumatera Barat

Buah Pisang Familiar dilingkungan kita bahkan anak kecil pun tahu dengan buah satu ini. tumbuhan yang berkembang biak dengan bertunas ini tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan Lampung menjadi salah satu produsen Pisang terbesar Di Indonesia. Buah pisang dapat diolah menjadi berbagai makanan dan Kolak dan lain sebagainya salah satunya Pisang Goreng.


Pisang goreng bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri sekalipun, dan setiap daerah di Indonesia Punya ke Khas-an Masing-masing dan rasa yang unik tiap daerah di Indonesia termasuk di Sumatera Barat.


Pisang Goreng di Sumatera Barat sedikit beda dengan Pisang Goreng di jawa meskipun sama menggunakan Pisang kepok sebagai bahan dasarnya, selain pisang kepok di Jawa biasanya menggunakan Pisang Raja Nangka dan Pisang Kapas untuk membuat pisang goreng.

Pisang Goreng di Padang biasanya Krispi dan sedikit ditambahkan Garam dan Kunyit sebagai pewarnanya, cara memakannnya juga Unik, Biasanya orang minang memakan Pisang goreng bersamaan dengan Ketan. terdengar aneh memang untuk kita masyarakat yang memakan Pisang goreng bersama ketan tapi itu kenyataanya, ada juga yang makan pisang goreng sambil Minum kopi. 



selain cara lebih krispi ke khas-an Pisang Goreng Khas Minangkabau biasanya Pisangnya di buat seperti Kipas dengan cara satu pisang dikupas dulu kulitnya kemudian di Iris menjadi 3 bagian dan tidak putus dan hasil irisan dilebarkan kemudian dicelupkan ke adonan tepung dan langsung menggorengnya satu persatu sampai matang

kalau penasaran bagaimana cara membuat Pisang Goreng Khas Minangkabau di Lansir dari Cookpad.com berikut cara membuatnya.

     Bahan-bahan


  1. Pisang Kepok / Pisang Batu
  2. 10 sdm tepung beras
  3. 2 sdm tepung terigu
  4. secukupnya Garam 
  5. 1/2 sdt vanilli
  6. secukupnya Air

  7. Minyak Goreng 
    Cara membuatnya 
    1. Potong pisang berbentuk kipas. Seperti contoh gambar. 
    2. Campurkan semua bahan. Jgn terlalu encer.
    3. Celupkan pisang ke adonan sampai rata
    4.  Goreng dengan minyak panas, usahakan pisangnya terendam minyak. Goreng sampai kecoklatan.
    Selamat mencoba dan semoga berhasil

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages