Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 4 January 2020

Kerupuk Kuah Cemilan Khas Minang

Kalau sudah bisa tentang Sumatera barat tentu banyak sekali makanan dan minuman khas Urang Awak ini yang perlu di jaga dan di Lestarikan, salah satu cemilan yang unik adalah kerupuk kuah, Kerupuk kuah  ini yang menjadi bahan utamanya adalah Opak atau kerupuk dari Singkong yang telas diolah kemudian diatas ditaburi Bihun atau mie lalu dituangi sama Kuahnya. 

Kuah sate padang ini berasal dari olahan sejumlah rempah, antara lain lengkuas, jinten, kunyit, serai dan daun bawang. 


Penambahan kaldu tulang ayam membuat rasa kuah sate ini menjadi gurih. Apalagi ditambah dengan tepung beras dan kacang tanah tumbuk, yang membuat kuah sate semakin kental dan nikmat.

Kerupuk yang dipakai juga merupakan kerupuk khusus, alias kerupuk ubi. Untuk varian mi, bisa  menggunakan beragam jenis yang ada, baik mi instan ataupun menggantikannya dengan bihun.

Kuahnya ini mirip sama kuah sate padang atau menggunakan bumbu gulai, meskipun termasuk kedalam makanan yang jadul tapi hingga kini keberadaannya masih Exsis hingga kini, bahkan banyak penjual yang menjual kerupuk kuah di Asalnya atau di Sumatera Barat, untuk satu porsi biasanya di Jual dengan harga Rp. 1500( seribu Lima Ratus Rupiah ) atau Rp 2.000,- ( Dua Ribu Rupiah ) cukup ekonomis bukan. 

Jika anda pergi atau bertamasya ke Padang atau Bukit tinggi tidak ada salahnya mencoba cemilan yang satu ini sambil menikmati indahnya Jam Gadang Bukit Tinggi. Namun jika anda belum sempat pergi ke Sumatera Barat atau Bukittinggi bisa kok buat sendiri di rumah. cara buatnya juga tidak terlalu sulit. bahan dasarnya ya opak dari Singkong tadi, kalau tidak ada harus buat sendiri tapi kalau tidak ada bisa langsung membelinya secara online ke padang. banyak orang yang menjual opak jenis ini secar Online,

Daripada Penasaran ini resepnya meskipun takarannya di kira-kira dan melihat Istri sedang membuat kerupuk kuah ini.

Bahan dan bumbu:
  1. Bawang putih dua siung, bawang merah dua siung , jahe 1 cm, lengkuas 2 cm, kunyit 2 cm, cabe merah 2 buah, merica dikiiiit aja(dihaluskan)
  2. Daun salam, daun jeruk, daun kunyit,  serei (masing-masing 1 lembar).
  3. Tepung beras 5 sdm, tepung kanji 1 sdm (diencerkan dengan dua gelas air)
  4. Daun bawang dan seledri diiris halus, minyak goreng, garam, penyedap rasa secukupnya.
Cara masak:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu dan daun bumbu sampai wangi.
  2. Masukkan tepung yang sudah diencerkan.
  3. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga didapatkan kekentalan yang diinginkan.
  4. Sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang dan seledri, kalau suka bisa juga ditambahkan bawang goreng.

Taraaa! Jadi deh kuah karupuaknya. Untuk mie  goreng, bumbunya sama dengan yang dipake untuk kuah tapi ga usah pakai daun bumbu, takarannya bisa disesuain sama kebutuhan.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages