Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 4 January 2020

Cara Mengawetkan Ikan Secara Alami dan Tradisional Khas Minangkabau

Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi dengan penghasil Ikan terbanyak di Indonesia dengan Kualitas bagus, dan karena garis pantai provinsi Sumatera Barat sangat panjang dan Ikan laut yang melimpah, setiap hari ikan dengan kualitas bagus didapat dari Nelayan dilaut, ikan yang didapat biasanya ikan Tuna, Tenggiri, Ikan Kakap Merah, Cumi-Cumi, Udang dan lain sebagainya. 



Masyarakat Minangkabau terutama yang berdekatan dengan pantai sangat menyukai ikan Laut ini, selain karena masih segar harganya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan harga ikan air tawar contohnya saja ikan laut dijual dengan harga rata-rata 25.000 ( Dua puluh ribu Rupiah) per k/g berbeda dengan ikan Mas biasanya dijual dengan harga di atas Rp 40.000 ( Empat Puluh ribu rupiah) selain mahal dengan harganya pedagangnya juga ga sebanyak pedang ikan laut. 

Karena saking banyaknya ikan dan penjual ikan laut maka akan jadi masalah jika ikannya basi atau tidak segar lagi jika ikan lautnya tidak segar, ikan laut biasanya cuma bertahan kesegaranya satu atau dua hari saja. jika lebih dari itu maka ikannya akan menjadi tidak segar dan bahkan sampai busuk.

Masyarakat Pesisir atau nelayan Padang ternyata punya tips untuk mengawetkan ikan laut secara alami yaitu dengan cara Ikan lautnya di campur dengan Es batu tapi bukan cuma es batu saja ternyata ditambah dengan air laut supaya lebih tahan lama, dan tidak boleh dengan air tawar justru akan membuat cepat basi,

Berikut Tipsnya semoga Bermanfaat

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages