Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 11 January 2020

Penyebutan Jatuh dalam Bahasa Minang

Bahasa Minang adalah bahasa yang mudah dipelajari karena sekilas mirip dengan bahasa Indonesia, ada banyak kosakata yang mirip dengan Bahasa Indonesia cuma ada perbedaan sedikit pada akhiran atau awalan katanya tapi ada beberapa kata yang tidak sama penyebutannya dengan bahasa Indonesia, salah satunya penyebutan kata Jatuh dalam Bahasa Indonesia, atau Jatuah dalam bahasa Minangkabau. 



Selain dalam Minangkabau penyebutan Jatuh ini terdapat juga dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Sunda juga lebih banyak penyebutanya. dalam Bahasa Minang setidaknya ada 14 kata untuk menggambarkan posisi jatuh atau cara jatuhnya itu sendiri yaitu, tajatuh, tataruang, tajilapak, tatungkuik, tasungkua, tajirambab. tagalincia, tasialia, talopoh, balambin, tajirangkang, talilantang, tajungkang dan tagurajai



untuk lebih jelasnya coba lihat gambar di atas dan penjelasan melalui video yutube di atas. penulis sedikit agak sulit menjelaskan karena bukan orang minang asli meskipun tinggal di kota padang dan status sebagai Orang Sumando.  

Semoga bermanfaat

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages