Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 7 January 2020

Gengsi, kata terlarang bagi pedagang Orang Minang

Orang Minang terkenal dengan merantau dan jago dagangnya hampir disetiap penjuru tanah air bahkan dunia rata rata orang minang berprofesi sebagai sebagai pedagang.



Berprofesi sebagai pedagang tentu butuh keberanian, kepercayaan diri, gak gampang nyerah dan putus asa dan yang paling penting adalah tidak boleh malu apalagi gengsi. 

Gengsi merupakan kata terlarang bagi masyarakat minang terutama untuk kaum muda minang, jika didaerah lain jarang ditemukan anak bujang atau gadis berjualan sayur atau ayam yang mereka anggap pekerjaan "hina" bagi kaum muda, tapi lain halnya dengan orang minang bahkan di pasar pasar tradisional kota padang dan tempat lainnya banyak ditemukan anak bujang dan gadis yang berjualan sayur, ayam potong dan lainnya. 

Mereka tidak malu menjajakan barang dagangannya supaya laku untuk dijual dengan cara teriak memanggil orang untuk membeli barang dagangannya. 

Karena saking banyaknya pedagang di ranah minang mereka terus berinovasi berbagai cara agar dagangannya laku dijual. Karena orang minang berprinsip lebih baik jadi bos di dagangan sendiri daripada ikut sama orang. 

Jadi untuk sobat yang mau berbisnis jangan gengsi lagi, apapun bentuk dagangannya dan jangan putus asa dan tetap semangat  untuk mencari rezeki yang halal. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages