Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 9 December 2019

Ruku-ruku, bumbu masak khas minang yang mirip dengan Kemangi

Jika kita pergi atau merantau kedaerah sumatera barat akan menemukan tumbuhan sejenis kemangi atau masyarakat setempat menyebutnya dengan ruku - ruku. ruku-ruku bagi masyarakat minang bisa digunakan untuk bumbu masakan khususnya untuk membuat gulai dan bisa juga untuk masakan yang lainnya seperti asam padeh padang atau bisa juga dipakai sebagai lalapan atau di makan langsung. 



Ruku-ruku atau Ocimum tenuiflorum merupakan tanaman terna yang tergolong familia lamiaceae. Tanaman ini mirip dengan kemangi sehingga orang sering salah kaprah. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk masakan Minangkabau yang berupa gulai. Masyarakat Minangkabau memercayai tumbuhan ini berkhasiat untuk penyakit darah tinggi dan jantung.


Tanaman ruku - ruku tumbuhan berdiri dan bercabang banyak dan memiliki wangi yang khas dan tingginya bisa mencapai 1 meter berbeda dengan kemangi yang tingginya tidak sampai satu meter. 

ruku-ruku banyak ditanam oleh masyarakat minang entah itu dikebun-kebun, dihalaman rumah,  dijalan dilapangan. rukuk-rukuk bisa tumbuh di dataran rendah. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages