Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 2 July 2020

Tradisi Mangaik Mungkuih Dari Kec. Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Kabupaten Pesisir Selatan yang terkenal akan kuliner lautnya dan juga Beragam Tradisi juga banyak dari kabupaten ini dan unik dan berbeda dengan daerah lainnya yang ada di Sumatera Barat salah satunya adalah Tradisi Mangaik Mungkuih

Foto : Facebook.com/Pesisir Selatan Negeri Sejuta Pesona

Tradisi ini berasal dari Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, Tradisi Mangaik Mungkuih merupakan sebuah tradisi unik yaitu menangkap ikan mungkuih dengan cara tradisional yaitu memakai alat pancing dari batang nibuang sepanjang 1 meter, kaca bening berukuran 25 x 25 cm dan mata kail kecil tanpa umpan. 

Mungkuih sendiri adalah sejenis ikan kecil yang hidup dialiran sungai yang deras dan bersih salah satunya di sungai Palangai Gadang di daerah setempat yang merupakan lokasi acara festival langkisau yang biasa diadakan setahun sekali dan salah satu acaranya adalah lomba mangaik Mangkuih ini. 

Jadi mangaik mangkuih adalah tradisi menangkap ikan "mangkuih" tanpa kail dan fungsi kaca bening sebagai alat untuk melihat ikan "Mangkkuih" yang berenang di aliran sungai yang deras agar kelihatan dan bisa dikaitkan. 

Dalam Menangkap Ikan Mangkuih ini butuh ketangkasan dan kelihaian dan kesabaran meskipun ikan ini suka bergerombol dan mungkin bisa nyangkut ke salah satu ikannya. 

Selain untuk diperlombakan Tradisi Mengaik Mangkuih juga menjadi salah satu  mata pencaharian warga setempat karena nilai harga jual ikan Mungkuih ini cukup tinggi dipasaran.

Sumber :

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages