Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 26 July 2020

Mengenal Tradisi Bangka-Bangka di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Barat

Sumatera Barat terkenal dengan ragam tradisinya yang beragam bahkan hampir tiap Nagari di Sumatera Barat mempunyai tradisinya masing-masing terutama dalam perayaan agama Islam seperti Idul Fitri atau Idul Adha selain  itu ada tradisi-tradisi unik lain yang masti di Explore lebih jauh lagi dan Mengenal Tradisi-tradisi lainnya. 

Foto : Pasbana.com

Kali ini yang akan saya bahas adalah sebuah tradisi unik yang berasal dari Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman barat bernama Tradisi Bangka-bangka, Tradisi Bangka-bangka merupakan sebuah cara menangkap ikan Larangan dengan cara tradisional yaitu menangkap Ikan dengan menggunakan ranting-ranting Bambu sebagai tempat sembunyi ikan. 

Acara yang dikemas dalam bentuk pesta rakyat ini hampir diikuti oleh seluruh masyarakat nagari sikaping dengan cara bergotong-royong, kemudian hasil Tangkapannya juga di nikmati secara bersama-sama.

Tradisi ini selalu dinanti masyarakat selain sebagai ajang silaturahmi yang dikemas dalam bentuk pesta rakyat tradisi bangka-bangka ini juga berpotensi menjadi wisata karena bisa melibatkan wisatawan untuk memeriahkan pesta rakyat ini dengan ikut terlibat dalam tradisi bangka-bangka ini dengan ikut menangkap ikan larangan secara bersama-sama.

Sumber : Pasbana.com

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages