Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 24 May 2020

Tradisi Manambang. Tradisi Lebaran Bagi Anak-anak Minang Di Kota Padang

Ketika Mendekati hari raya lebaran Idul Fitri banyak kegitan atau tradisi yang harus dipersiapkan, disediakan bahkan ditunggu-tunggu baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Ada banyak tradisi yang terus dijaga hingga kini yang terus dijaga di Indonesia salah satunya di padang Sumatera Barat, di Padang ini ada salah satu tradisi yang dinantikan oleh anak-anak di minangkabau namanya tradisi Manambang, tradisi ini dilakukan oleh anak-anak setelah melakukan salah Idul fitri yaitu dengan cara mengunjungi rumah-rumah warga sebagai ajang silaturahmi, perkenalan diri dan lain sebagainya. 

 Foto : Marimembaca.com

Adapun tujuan dari acara ini adalah adanya Uang Tunjangan Hari Raya (THR) dari pemilik rumah dan yang menjadi incarannya adalah uang-uang baru. anak-anak dalam melakukan tradisi ini dilakukan secara bergerombol terdiri dari 5 sampai dengan 8 orang.

Para pemilik rumah ini biasanya mempersilahkan para anak-anak ini masuk dan menikmati kue lebaran dan biasanya anak-anak di kasih uang THR yang beragam ke anak-anak dimulai dari 5 ribu atau 10 ribu rupiah bahkan lebih ke setiap anak yang bertamu ke rumah-rumah warga tersebut yang di masukan kedalam Amplop, setelah amplop diterima dari beberapa rumah nanti amplop yang telah didapat dan dikumpulkan di buka bersama-sama dan dihitung berapa jumlah uang yang diterima dan biasanya dipakai untuk berbagai keperluan dan ada juga yang ditabung, selain itu dalam satu rumah bisa didatangi 4-5 gerombolan dalam sehari maka banyak orang yang ngasih ung THR kepada anak-anak tersebut dalam nominal yang kecil

Meskipun tradisi ini sudah mulai berkurang jumlahnya tapi masih ada yang melakukannya tetapi tidak sebanyak Zaman dahulu. jadi alangkah baiknya generasi sekarang tetap melestarikan tradisi ini. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages