Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 28 May 2020

Jam Gadang, Monumen Jam Besar Kebanggaan Masyarakat Bukittinggi

Jika berkunjung ke Sumatera Barat terutama Kota Bukittinggi maka tak lengkap rasanya jika anda tidak singgah atau berfoto di dekat jam gadang yang merupakan ikon kota khas Bukittinggi. Jam gadang ini merupakan peninggalan Zaman Hindia belanda.

Foto : Indonesiakaya.com

Monumen Jam Gadang berdiri setinggi 26 meter di tengah Taman Sabai Nan Aluih, yang dianggap sebagai patokan titik sentral (titik nol) Kota Bukittinggi. Konstruksinya tidak menggunakan rangka logam dan semen, tetapi menggunakan campuran batu kapur, putih telur, dan pasir.


Bangunan Jam Gadang memiliki 4 tingkat. Tingkat pertama merupakan ruangan petugas, tingkat kedua tempat bandul pemberat jam. Sementara pada tingkat ketiga merupakan tempat dari mesin jam dan tingkat keempat merupakan puncak menara dimana lonceng jam ditempatkan. Pada lonceng di puncak tersebut tertera nama dari produsen mesin jam ini.

Ketika anda naik ke lantai 4 jam gadang ini maka akan disuguhkan kota bukittinggi yang indah dan eksotik, jam gadang ini menjadi kebanggaan masyarakat sekitar hal ini terbukti dengan maraknya kaos yang bergambar jam gadang dan juga berbagai souvenir yang berbentuk jam gadang berjejer di sekitar monumen jam gadang Bukittinggi.


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages