Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 19 April 2020

Mengenal Abjad Jawi Yang Digunakan Masyarakat Melayu

Apakah anda sudah mendengar  Abjad Jawi ? Untuk masyarakat pulau Sumatera mungkin sudah tidak asing lagi karena abjad ini sering ditemukan dipapan penunjuk jalan di jalan-jalan protokol atau kantor pemerintahan. 


Abjad  Jawi adalah tulisan arab untuk menuliskan Bahasa Melayu, tulisan ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja khususnya pulau sumatera tetapi negara tetangga seperti malaysia, Brunei Darussalam, Patani dan Singapura juga menggunakan tulisan ini. abjad jawi ini biasa digunakan dan menjadi salah satu tulisan resmi di negara-negara tersebut misalnya untuk keperluan religius ataupun pendidikan. 


Abjad Jawi mulai berkembang ke Daerah Melayu ini sejak pertama masuknya Islam. tapi tidak semua huruf melayu terwakili dengan bahasa Arab tersebut makanya ada sedikit modifikasi untuk mengakomodir huruf yang tidak ada dalam bahasa Arab tersebut seperti. ucapan /o/, /p/, atau /ŋ/). 

Abjad jawi sebagai salah satu abjad yang pertama kali digunakan untuk menulis bahasa Melayu sejak keradaan samudara Pasai, Kerajaan Johor dan biasa digunakan dalam surat resmi atau perjanjian-perjanjian yang menggunakan abjad jawi dan menjadi tatanan penting dalam urusan perdagangan , ekonomi, urusan adat dan sebainya.

Karena Minangkabu termasuk kedalam rumpun melayu maka abjad jawi ini juga digunakan. pada zaman dulu biasanya anak mempelajari abjad jawi ini di surau-surau yang dekat rumah mereka. maka tak heran orang-orang tua minang sedikit banyak mengetahui abjad ini. 

Karena seringkalinya menggunakan abjad ini sampai sekarang keberadaan huruf asli minangkabau masih dipertanyakan apakah keberadaanya sudah ada atau masih belum, para akademisi sekarang ini sedang melakukan penelitian untuk mencari keberadaan huruf asli minang ini. 

Sumber :

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages