Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 2 April 2020

Lamang Luluik, Lamang Khas dari Kota Bukittinggi

Bukittinggi adalah kota kecil nan dingin yang berada di Sumatera Barat, dengan ragam keindahan alam dan berjuta makanan yang tentunya enak dan dapat membuat orang ketagihan setelah mencobanya. ada ragam pilihan makanan dari yang terkenal seperti nasi kapau, tambusu dan lainnya. kali ini ada lemang yang khas yang unik dan beda dengan lemang pada umumnya yaitu lemang luluik.

Doc : Instagram

Yang membedakan lemang luluik khas Bukittinggi dengan lemang daerah lainnya adalah cara pengolahhannya yang jika pada umumnya lemang didaerah lainnya memasak dengan cara dipanggang diatas bara api tapi lain halnya dengan lemang khas Bukittinggi ini cara mengolahnya yaitu dengan cara dikukus walaupun bahan dasarnya sama yaitu dari beras ketan. 

Doc : Instagram

lemang luluik ini biasa disajikan sebagai menu takjil ketika berbuka puasa atau bisa disajikan dalam acara adat biasa dinikmati bersama kopi maupun teh rasanya gurih dan enak tentunya.

Daripada penasaran dengan rasanya anda bisa mencoba membuat sendiri di rumah dan membuatnya juga tidak terlalu susah berikut adalah resepnya seperti dilansir oleh cookpad. 

Bahan-bahan

  • 1 liter ketan kualitas bagus
  • 1 1/2 butir kelapa (kerok bersih)
  • 4 lembar daun pandan
  • Secukupnya garam
  1. Untuk isian

  • 1 butir kelapa (kerok bersih, parut)
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdt vanili
Daun pisang untuk membungkus (digarang)

Cara Membuatnya.
  1. Masak ketan dengan santan (1/2 butir kelapa itu di kerok bersih lalu disantan dgn 1/2 gayung air saja klo saya langsung di santan ditukang kelapa dipasar) lalu tambahkan garam dan daun pandan, di aduk terus jangan sampai lengket dan jangan sampai santannya pecah. Masak terus hingga jadi aronan, lalu sisihkan.
  2. Untuk isiannya : campur kelapa parut, gula, garam dan vanili. Aduk rata, cek rasanya sesuai selera ya. Rasa isiannya cenderung manis tapi tetap ada rasa gurih dan asin sedikit, seimbang rasanya.
  3. Cara membungkus, letakan ketan ditengah-tengah daun pisang, pipihkan menggunakan sendok, lalu masukan isinya ditengah ketan secara rata lalu gulung dan simpul atas dan bawahnya.
  4. Lalu kukus selama 30 menit, dan siap disantap. Bisa dimakan dengan pisang atau bolu, rasanya enak sekali dan cocok untuk dijadikan kudapan sore hari.
Selamat Mencoba dan semoga berhasil. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages